Serunya Menggambar Bersama: Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Anak SD Kenali Emosi Sejak Dini

 

Campusnesia.co.id - Longkeyang (26/7/2024) - Priscillia Genta Abella, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi melakukan edukasi Katarsis Emosi Anak Melalui Metode Menggambar di SDN 02 Longkeyang Desa Longkeyang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang.

Anak-anak sering kali menghadapi tantangan dalam mengendalikan emosi. Meski kemarahan adalah emosi yang wajar dan perlu diekspresikan, beberapa cara meluapkannya dapat menyebabkan anak menjadi kasar dan agresif.

Program kerja ini merupakan program kerja yang ditujukan pada anak di tingkat pendidikan Sekolah Dasar kelas 3 dan 4 Desa Longkeyang agar mampu mengelola emosi dengan cara yang positif, salah satunya melalui kegiatan menggambar. Kegiatan ini diselenggarakan di SDN 02 Longkeyang Desa Longkeyang. Kegiatan diawali dengan edukasi mengenai pengenalan emosi dengan menampilkan cuplikan video dari film “Inside Out”. Kemudian, dilanjutkan dengan mengerjakan media menggambar yang disediakan untuk membantu mengembangkan kemampuan anak dalam mengelola emosinya secara positif. 

Dengan diselenggarakannya program kerja ini, mahasiswa turut mendukung terwujudnya program Pemberdayaan Masyarakat Secara Inklusif Melalui Potensi Unggulan yang dimaksudkan untuk menekankan inklusivitas dalam pendidikan emosional, di mana anak-anak sekolah dasar dari berbagai latar belakang diberikan kesempatan untuk belajar mengelola emosi mereka secara positif. Dengan melibatkan seluruh anak dalam kegiatan menggambar yang kreatif, program ini memberdayakan mereka secara emosional, membantu meningkatkan kesejahteraan individu sekaligus masyarakat secara keseluruhan.


Program edukasi ini dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Juli 2024 pukul 09.00 WIB dengan bertempat di SDN 02 Longkeyang. Sosialisasi ini dilakukan dengan menggunakan media menggambar “Draw Feelings” yang diberikan kepada siswa-siswi Sekolah Dasar kelas 3 dan 4 SDN 02 Longkeyang. Media ini berupa gambar lingkaran yang harus diwarnai sesuai dengan emosi yang diminta. Program edukasi ini terlaksana dengan baik, siswa-siswi merespon pemaparan mahasiswa dengan sangat aktif dan antusias ketika mahasiswa menjelaskan bagaimana cara mengelola emosi secara positif.

Diharapkan dengan adanya kegiatan edukasi ini mampu meningkatkan pemahaman pada anak mengenai cara mengelola emosi yang baik dan positif, salah satunya yaitu melalui kegiatan menggambar.




Oleh : 
Priscillia Genta Abella

DPL : 
Dr. Rahmad Nuryanto, S.Si., M.Si

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon