Seruni Boost : Terobosan Minuman Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Cuaca Ekstrim

 


(Gambar Kegiatan Kumpulan PKK RT 14 Desa Ngrombo)

Campusnesia.co.idNgrombo, Plupuh (28/07/2024) Mahasiswa KKN UNDIP mengadakan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan wedang seruni (Seruni Boost). Seruni Boost adalah minuman herbal kaya rempah yang bermanfaat sebagai imunobooster (membantu meningkatkan daya tahan tubuh). Minuman ini merupakan perpaduan rempah jahe, sere, jeruk nipis dan gula. Kandungan yang paling penting dari jahe adalah zingiberol yang berfungsi sebagai anti radang dan mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, jahe juga memiliki sifat sebagai antimikroba dan anti inflamasi yang dapat mengatasi flu (pilek, batuk) dan gangguan kesehatan ringan lainnya seperti nyeri, sakit kepala. 

Kegiatan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan wedang seruni dilaksanakan dalam Kumpulan PKK RT 14 Desa Ngrombo di Rumah Bp Suroyo. Peserta kegiatan ini adalah ibu – ibu PKK RT 14 berjumlah kurang lebih 70 orang, Adapun susunan acara kumpulan PKK meliputi penyampaian informasi lomba memperingati HUT RI ke 79 tingkat desa, sosialisasi dan demonstrasi pembuatan wedang seruni serta pembagian produk wedang seruni, lalu diakhiri dengan arisan dan menabung. Sosialisasi dimulai dengan penyampaian materi tentang wedang seruni dan manfaatnya, lalu dilanjutkan dengan penyampaian alat, bahan dan langkah pembuatan wedang seruni sekaligus didemonstrasikan. 

Meskipun rangkaian acaranya cukup panjang, ibu-ibu nampak antusias mengikuti kegiatan dari mahasiswa KKN UNDIP. Ibu-ibu aktif menjawab ketika diminta untuk menyebutkan rempah-rempah yang sering digunakan untuk obat herbal. Ibu-ibu juga memperhatikan sesi demonstrasi dengan seksama. Dalam quiz berhadiah pun ibu-ibu juga aktif menjawab dan memberikan ulasan dari produk wedang seruni yang sudah dibagikan.  Ibu Jum, salah satu warga RT 14 menyatakan bahwa “Wedang seruni rasanya segar, pedasnya jahe terasa, aroma sere harum dan sedikit asam karena pakai jeruk nipis.” 2 minggu setelah pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa UNDIP menanyakan kembali pada perwakilan warga RT 14. Beliau menyatakan bahwa sebagian warga RT 14 sudah mencoba mempraktikkan, dan ternyata wedang seruni lebih nikmat dibuat menggunakan gula batu. 

(Gambar Wedang Seruni)

Melalui kegiatan ini, diharapkan ibu-ibu sebagai pionir keluarga dapat membuat wedang seruni secara mandiri untuk membantu mempertahankan kesehatan anggota keluarganya. Wedang seruni, dengan kandungan rempah-rempah alami seperti jahe, sereh, dan jeruk nipis, memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi gejala flu, dan meredakan nyeri. Dengan pengetahuan yang diperoleh dari sosialisasi ini, ibu-ibu dapat lebih percaya diri dalam meracik minuman herbal yang tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan. Selain itu, praktik membuat wedang seruni di rumah juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan edukatif bagi seluruh anggota keluarga. Dengan demikian, kesehatan keluarga dapat terjaga dengan cara yang alami dan tradisional. Rempah Berkumpul, Kesehatan Terpancar.



Penulis : 
Titah Angesthi Salam

Editor :
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon