Serai Kaya Manfaat: Mahasiswa KKN Undip Cegah DBD dengan Pengusir Nyamuk Alami



Campusnesia.co.id - Kota Surakarta (25/07) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) Tim II tahun 2024 mengadakan kegiatan upaya pencegahan penyebaran demam berdarah dengue (DBD) di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Riska Maharani, salah satu mahasiswa program studi kimia, memberikan inovasi untuk membuat spray anti nyamuk berbahan dasar serai kepada ibu-ibu kader posyandu pada tanggal 25 Juli 2024.

Spray anti nyamuk alami cenderung lebih ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan karena minim penggunaan bahan kimia. Salah satu bahan alami yang dikenal efektif mengusir nyamuk adalah serai. 

“Serai mampu mengusir nyamuk karena mengandung senyawa citronellal, citronellol, dan geraniol yang dapat mengganggu sistem sensoris nyamuk sehingga nyamuk kesulitan menemukan target mangsanya,” ujar Riska.

Sosialisasi pembuatan spray anti nyamuk ini diadakan di Kantor Kelurahan Baluwarti bersamaan dengan kegiatan pertemuan rutin ibu-ibu kader posyandu Kelurahan Baluwarti. Dalam kegiatan ini, Riska memaparkan cara membuat spray anti nyamuk dari serai dan membagikan beberapa produknya. 

Melalui kegiatan ini, harapannya ibu-ibu kader posyandu dapat membagikan ilmu kepada warga dan mempraktekkan di rumah sebagai upaya mencegah demam berdarah dengue di lingkungan Kelurahan Baluwarti.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon