Self Watering Pot: Mahasiswa KKN UNDIP Temukan Solusi Efisien Kurangi Limbah dan Tingkatkan Ekonomi



Campusnesia.co.id - Sragen (4/08/2024), telah dilaksanakan program kerja multidisiplin ”Self Watering Pot dalam Upaya Pengurangan Limbah dan Peningkatan Produktivitas serta Ekonomi Masyarakat” oleh mahasiswa Tim II KKN UNDIP  2023/2024 kepada salah satu RT di Desa Ngandul yaitu RT 11. Kegiatan ini dilakukan dengan memberi pelatihan dan sosialisasi serta pembagian poster dan 1 percontohan produk sebagai acuan bagi masyarakat untuk membuat Self Watering Pot secara mandiri di rumah. 

Sebagian besar masyarakat Desa Ngandul menggunakan galon sekali pakai untuk memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari. Selain itu, kebanyakan masyarakat juga menyajikan air mineral dengan kemasan gelas plastik sebagai jamuan untuk tamu atau saat pertemuan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip berusaha meminimalisir pembuangan sampah galon sekali pakai dan gelas plastik sebagai upaya pengurangan sampah plastik. Mahasiswa KKN Undip juga ingin membantu meningkatkan produktivitas masyarakat dan ekonomi masyarakat melalui program kerja ini.

Self Watering Pot yang dibuat memiliki konsep seperti hidroponik, dimana penyiraman tanaman tidak perlu dilakukan secara berkala dan rutin, sehingga akan menghemat pengfgunaan air. Ada berbagai jenis tanaman yang dapat ditanam dalam media hidroponik antara lain seperti, kangkung, selada, cabai, pakcoy, dan berbagai sayuran lainnya. Nutrisi yang digunakan pada penanaman menggunakan metode Self Watering Pot ini berupa air dan Nutrisi Ab Mix sebagai pupuk. Nutrisi AB Mix merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam air untuk mempercepat tumbuhnya tanaman. 

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta yaitu Ibu-Ibu PKK di RT 11 yang diawali dengan pembagian poster, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dan manfaat dari Self Watering Pot dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan Self Watering Pot mulai alat, bahan, hingga cara pembuatannya. Pelatihan diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh mahasiswa dengan peserta yang hadir. Peserta terlihat antusias ditunjukkan dengan banyakanya peserta yang memperhatikan penjelasan dan beberapa pertanyaan yang diajukan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Ngandul dalam upaya mengurangi limbah plastik melalui pemanfaatannya untuk pembuatan Self Watering Pot dan membuat limbah menjadi sumber daya yang menguntungkan karena produk hasil Self Watering Pot yang dapat di konsumsi dan dijual. Banyak harapan kepada masyarakat agar tertarik atau dapat mengikuti pembuatan self watering pot ini secara berkelanjutan.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon