Rizki Juniansyah Persembahkan Emas Kedua Untuk Indonesia Pada Olimpiade Paris 2024

 


Campusnesia.co.id - Kabar gembira datang lagi dari ajang olahraga paling bergengsi sedunia yaitu Olimpiade Prancis 2024. Setelah cabang olahraga andalan Bulu Tangkis belum berhasil mempersembahkan medali emas, justru cabang olahrga lain berhasil menyabet medali emas dan membuat bangga seluruh rakyat Indonesia di bulan Agustus ini.

Rizki Juniansyah atlet yang baru berusia 21 tahun ini berhasil memenangkan medali emas pada cabang olahraga angkat besi. ia Juniansyah sukses meraih medali emas pada nomor pertandingan angkat besi 73 kilogram Olimpiade Paris 2024. Ia mencatatkan total angkatan snatch dan clean and jerk sebesar 354 kg, unggul dari wakil Thailand Weeraphon Wihuma yang memiliki catatan total angkatan 346 kg.

Kemenangan Rizki terasa spesial karena untuk pertama kalinya, cabang olahraga angkat besi mampu naik podium di urutan pertama. Sebelumnya, selama 72 tahun turut serta di Olimpiade, prestasi terbaik angkat besi adalah medali perak.

Rizki Juniansyah merupakan atlet kelahiran Kota Serang, Banten pada 17 Juni 2003. Ia tumbuh dalam lingkungan keluarga atlet. Mohamad Yasin, ayahnya, merupakan mantan atlet angkat besi nasional yang eksis pada medio 1983-1993. Ibunya, Yeni Rohaeni juga atlet angkat berat dari Banten.

Potensi Rizki sebagai atlet telah terlihat sejak muda dengan meraih medali emas dalam Kejuaraan Nasional Antar PPLP 2017 dan 2018. Ia juga bergabung ke Pelatda PON Banten sejak 2019. Kala itu, Rizki yang masih berusia 15 tahun sudah berprestasi di level internasional dengan menjuarai Kejuaraan Asian Youth Championship di kelas 67 kg. Ini menjadi kali pertama dia tampil dengan kostum berlambang garuda di dada.

Setahun berselang, Rizki kembali mengikuti ajang serupa, dengan tampil di kelas 73. Akan tetapi kali ini dia gagal menyumbang medali. Walau begitu, hal tersebut tidak membuatnya putus asa. Ia terus bertanding dan meraih berbagai medali serta memecahkan rekor senior dan juga junior.

Di level senior, Rizki merupakan pemegang rekor IWF World Cup 2024 di kelas 73 kg dengan total angkat 365 kg. Ia juga mencatatkan rekor di SEA Games 2023 dengan total angkatan 347 kg. Untuk level junior, Rizki mencatatkan rekor snatch 157 kg di Asian Youth & Junior Championship 2022.

Kini capaian prestasi Rizki bertambah dengan torehan medali emas Olimpiade Paris 2024. Semakin spesial karena lifter berusia 21 tahun itu juga mencetak rekor baru Olimpiade pada angkatan clean and jerk usai berhasil menyelesaikan total angkatan 199 kg.



Sumber: Tempo.co
Foto: NOC Indonesia

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon