Representasi Konsep Graf Sederhana: Pembuatan Struktur Perangkat Desa Muncang dan Peta Jaringan Titik Fasilitas Desa Muncang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang

 


Campusnesia.co.idPemalang, 6 Agustus 2024 - Jazmeen Adilla, Tim II KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Diponegoro (Undip) tahun 2024 telah melaksanakan salah satu program monodisiplinnya ysng berfokus kepada aplikasi teori graf sederhana untuk merepresentasikan struktur aparatur pemerintahan serta pemetaan jaringan titik fasilitas di Desa Muncang dalam bentuk graf sederhana. Tim II KKN Desa Muncang berkoordinasi dan berkolaborasi dengan aparatur desa untuk membuat visualisasi yang informatif dan mudah dipahami. 

Merujuk kepada program keilmuan Matematika, penerapan teori graf sederhana dalam program monodisiplin ini dimanfaatkan untuk dua fokus utama, yakni penyusunan bagan perangkat desa Muncang menggunakan prinsip graf dimana setiap jabatan atau posisi direpresentasikan dengan simpul/titik (node) dan sisi/garis (edge) disini menunjukkan hubungan antar perangkat desa Muncang. Luaran dari program ini adalah banner struktur aparatur pemerintahan desa Muncang yang diharapkan dapat dilihat dan diakses lebih jelas dan mudah. 

Adapun pemetaan jaringan titik fasilitas desa Muncang memanfaatkan Google My Maps untuk menandai setiap titik fasilitas-fasilitas penting yang ada di desa Muncang. Setiap tempa atau fasilitas direpresentasikan sebagai simpul/titik (node) sedangkan jarak dan  akses jalan antar fasilitas dihubungkan dengan sisi/garis (edge). Program ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan mengaplkasikan teori grad untuk memetakan tempat-tempat penting di wilayah desa Muncang. Hal ini dapat membantu memvisualisasikan sebaran fasilitas dan mengidentifikasi potensi dan area apa saja yang sudah ada atau belum ada terutama untuk fasilitas publik. 


Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan pembuatan banner dan pemetaan jaringan titik fasilitas desa ini dilakukan selama masa KKN yang berlangsung dari bulan Juli hingga Agustus 2024. Para Mahasiswa melakukan sesi tanya jawab oleh salah satu perangkat desa Muncang setempat untuk mengumpulkan data dan informasi yang relevan. Pelaksanaan program dibantu oleh Bapak Mujiono sebagai Kasi Pemerintahan dan Ibu Rondiyah Hartati sebagai Kasi Kesejahteraan

Kegiatan diawali dengan melakukan wawancara kepada perangkat desa untuk mengumpulkan data nama perangkat desa dan jabatannya. Lalu, pembuatan jaringan titik fasilitas desa Muncang memanfaatkan aplikasi lain, seperti Google My Maps


Luaran program monodisiplin ini berupa poster pemetaan jaringan titik fasilitas desa ’Representasi Graf Sederhana: Koneksi Desa’ menampilkan titik fasilitas wilayah desa Muncang dengan pemberian label titik dengan warna yang berbeda. Misalkan, ungu untuk ranah pemerintahan, hijau untuk pertanian, biru untuk ranah pendidikan, dan lainnya. 

Sementara itu, Kasi Pemerintahan, Bapak Mujiono dan Kasi Kesejahteraan, Ibu Rondiyah Hartati, mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip. "Kami sangat berterima kasih dengan adanya pembuatan struktur perangkat desa yang memang sebelumnya tidak ada untuk dipasang di balai desa, dengan adanya program ini kami bisa segera memasang strukturnya segera. Sudah bagus, program ini dapat membantu pemahaman dan kemudahan akses informasi tentang lokasi fasilitas juga dapat mengidentifikasi area tertentu di desa Muncang dan kami juga mendapatkan peta visual fasilitas desa lainnya,” ungkapnya. 


Kegiatan ini merupakan salah satu contoh nyata dari kontribusi mahasiswa dalam membantu dalam memahami hierarki alur komunikasi, alur informasi melalui ilmu pengetahuan dan teknologi serta menggabungkan pembelajaran matematika abstrak (teori graf) dengan aplikasi praktis dalam konteks jaringan titik fasilitas desa. Hal ini membantu relevansi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kegiatan serupa dapat terus dilakukan dan memberikan manfaat yang lebih luas lagi.



Penulis: 
Jazmeen Adilla


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon