Reportase Pemberdayaan UMKM di Desa Siwalan



Campusnesia.co.id - Siwalan (08/08/24)  Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Siwalan merupakan salah satu inisiatif penting dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Desa Siwalan dikenal memiliki berbagai macam potensi ekonomi yang belum sepenuhnya dioptimalkan, terutama di sektor UMKM. Kuliah Kerja Nyata (KKN TIM UNDIP) II Universitas Diponegoro yang mengabdi di desa Siwalan, Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan mengadakan edukasi pemberdayaan UMKM kepada para UMKM di desa Siwalan contohnya UMKM tempe dan ikan panggang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan pengusaha UMKM di Desa Siwalan, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui pengembangan produk dan pasar UMKM meningkatkan kualitas produk agar lebih kompetitif di pasar yang lebih luas.

Pelatihan dibuka dengan penjelasan tentang pentingnya hygine dan sanitasi untuk makanan dan minuman dengan pemilihan bahan baku makanan ,penyimpanan bahan dan pengolahan makanan. Mahasiswa juga menjelaskan cara pengolahan limbah produksi, pembukuan sederhana untuk UMKM, cara pembukuaan hingga prosedur pendaftaran NIB (Nomor izin berusaha). Selain itu mahasiswa juga menjelaskan peta UMKM yang merupakan sebuah representasi visual atau diagram yang menggambarkan persebaran, kondisi, potensi, serta berbagai aspek lain dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di suatu wilayah. Peta ini bisa berbentuk geografis, di mana UMKM ditandai sesuai dengan lokasi fisiknya di peta yang menunjukkan kategori usaha, skala usaha, potensi pertumbuhan, serta tantangan yang dihadapi oleh UMKM di wilayah tertentu. Peta UMKM ini bergua untuk memahami di mana UMKM berada, Membantu pemerintah, organisasi, atau universitas dalam merencanakan intervensi atau program pemberdayaan. Dengan adanya peta UMKM, pemangku kepentingan dapat membuat keputusan yang lebih informatif dan strategis dalam mendukung pengembangan UMKM di wilayah tertentu.


Mahasiswa juga memberikan booklet atau buku kecil yang sudah dicetak yang sering digunakan untuk menyampaikan informasi dalam format yang ringkas dan mudah dibawa sebagai referensi jangka panjang yang bisa terus dibaca kapan saja. 

Kegiatan ini juga mencakup sesi diskusi interaktif antara mahasiswa dan pelaku UMKM, di mana para pelaku usaha dapat berbagi pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi dalam mengelola usaha mereka. Diskusi ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk saling belajar dan menemukan solusi bersama untuk berbagai permasalahan yang dihadapi. Selain itu, mahasiswa juga memberikan motivasi dan dorongan kepada pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi digital sebagai alat pemasaran dan pengembangan usaha. Dengan adanya edukasi dan pendampingan ini, diharapkan UMKM di Desa Siwalan dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian lokal.



Penulis : 
TIM II KKN UNDIP DESA SIWALAN 

Editor :
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon