Re-Branding : Pengenalan e-commerce dan pembukuan transaksi UMKM oleh Mahasiswa KKN UNDIP

 


Campusnesia.co.idDi Indonesia, UMKM memiliki peran besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa usaha mikro mencakup lebih dari 98% dari pelaku usaha di Indonesia. Dengan tingginya UMKM yang ada di Indonesia, maka dari itu pentingnya mengikuti perkembangan di era digitalisasi. 

Pada saat ini perdagangan elektronik atau e-commerce merupakan model bisnis yang mempermudah penjual dan pembeli dalam bertransaksi melalui internet. Hampir semua produk termasuk jasa, makanan, musik, buku bisa dibeli melalui e-commerce. Dengan kemajuan teknologi perdagangan, sarana e-commerce memiliki pilihan yang beragam mulai dari internet, telepon, dan televisi.

Sehubungan dengan banyaknya UMKM di Desa Kedung Lengkong. Maka Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan penyuluhan pengenalan  e-commerce dan Pencatatan Pembukuan pada salah satu UMKM di Desa Kedung Lengkong. Program kerja yang dilakukan oleh Sofyan Hady pada tanggal 5 Agustus 2024 dengan mendatangi UMKM 'Singkong Keju'.

Program kerja diawali dengan pengenalan apa itu e-commerce dan menjelaskan manfaat melakukan pembukuan transaksi untuk UMKM, memberikan penyuluhan terkait strategi efektiif pengembangan UMKM, tips dan trik foto produk UMKM menggunakan kamera HP, memberikan penjelasan cara membuat pembukuan transaksi UMKM guna menaikkan omset. 

Sosialisasi ini berlangsung dengan baik, feedback yang didapat dari pihak UMKmenandakan memang ada ketertarikan dari pihak UMKM tentang penggunaan e-commerce dan dalam pembuatan pembukuan transaksi. Diharapkan dengan pengenalan terkait e-commerce dan pembukuan transaksi ini membuat para pelaku UMKM tertarik untuk mencoba mengaplikasikannya dalam usaha mereka. 




Penulis : 
Sofyan Hady 
(Mahasiswa KKN)

Lokasi KKN : 
Desa Kedung Lengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali
KKN Tim II Universitas Diponegoro 2024

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon