Posyandu Remaja: Mahasiswa Undip Turut Ikut Serta Meningkatkan Generasi Emas Remaja Putri Bebas Anemia Untuk Cegah Stunting




Campusnesia.co.idKedawung, Sragen (3/8/2024) - Kondisi ketika tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup disebut dengan anemia yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak remaja. Remaja putri cenderung memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan remaja putra, hal ini terjadi karena remaja putri mengalami menstruasi setiap bulannya. Menurut data Riskesdas pada tahun 2018, tercatat sebesar 26,8% anak usia 5-14 tahun menderita anemia dan 32% pada usia 15-24 tahun. Hal ini berarti bahwa 3-4 dari 10 remaja mengalami anemia. 

Dampak jangka pendek dari anemia dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, penurunan konsentrasi dan prestasi sekolah, dan penurunan kebugaran. Sedangkan dampak jangka panjang dari terjadinya anemia dapat mengakibatkan terjadinya kejadian stunting pada bayi yang lahir dari para remaja putri yang mengalami anemia berkepanjangan. 

Dalam konteks ini, mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro tahun ajaran 2023/2024 di Desa Kedawung, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, turut serta dalam pendampingan remaja putri dalam mengonsumsi zat besi yang diadakan di Posyandu Mawar yang terletak di Dukuh Depok pada Hari Sabtu, 3 Agustus 2024. 


Kegiatan pendampingan mengenai konsumsi zat besi ini berlangsung dengan lancar, dimulai dengan pengecekan antropometri oleh para kader posyandu. Selanjutnya, mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro memberikan penjelasan mengenai pengertian anemia, apa saja gejalanya, penyebab terjadinya, klasifikasinya, dampaknya, cara pencegahan dan penanggulangannya yaitu dengan cara mengonsumsi makanan sumber zat besi dan meminum tablet tambah darah (TTD).

Harapannya, setelah dilakukannya kegiatan ini para remaja putri akan semakin sadar akan pentingnya mengonsumsi zat besi dan tablet tambah darah guna mencegah timbulnya anemia yang akan berdampak pada kesejahteraan mereka di masa depan.



Penulis: 
Arindra Dewi Indyastari 
(Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)

DPL: 
Ir. Ibnu Pratikto, M.Si.

Lokasi KKN: 
Desa Kedawung
Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon