PHBS: Bukan Cuma Jargon, Tapi Seni Gaya Hidup!

 

Campusnesia.co.id - Pekalongan (12/08/2024) - Desa Kedungjaran hari ini semakin menorehkan langkah nyata dalam mewujudkan masyarakat yang hidup sehat dan bersih. Kegiatan pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang digelar oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro 2024, berhasil menyedot antusiasme warga dari berbagai kalangan.

Acara yang diinisiasi oleh para mahasiswa KKN Universitas Diponegoro ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Para mahasiswa KKN menargetkan agar pembinaan ini mencapai tiap lapisan masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal tersebut ditujukan agar pola hidup sehat dan bersih menjadi sebuah gaya hidup dan kebiasaan yang mengakar kuat pada masyarakat Desa Kedungjaran, Kec. Sragi, Kab Pekalongan.


Mahasiswa KKN tim II Undip, menekankan bahwa PHBS bukan hanya sekadar slogan, melainkan gaya hidup yang harus diterapkan oleh seluruh anggota masyarakat. “Dengan menerapkan PHBS, kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga keluarga dan lingkungan sekitar dari berbagai penyakit,” ujarnya. Dengan tubuh yang sehat, kita bisa menjadi lebih produktif dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan sekitar.

Kegiatan pembinaan ini dilakukan secara berkala agar tiap lapisan masyarakat dapat mendapatkan pengetahuan yang sama mengenai pola hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini dikemas dalam berbagai bentuk yang menarik dan interaktif, seperti demo pembuatan makanan sehat, penyuluhan kesehatan, praktik, dan berbagai macam bentuk yang lainnya. Oleh karena itu, anak-anak pun tidak ketinggalan untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Mereka terlihat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan pembinaan ini.

Kegiatan pembinaan ini dianggap masyarakat Desa Kedungjaran membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,”Adanya Kegiatan ini cukup menambah wawasan kami, terutama pentingnya menjaga kebersihan tangan dan pakaian setelah melakukan kegiatan rumah tangga” ujar salah satu ibu-ibu PKK. Kegiatan ini juga dianggap membantu guru-guru sekolah dalam menerapkan PHBS di MI Kedungjaran, “Edukasi dan demonstrasi yang dilakukan mahasiswa membantu kami mendapatkan inovasi metode belajar yang menyenangkan mengenai pererapan Perilaku Hidup Bersih dan sehat”ujar salah satu Guru Madrasah ibtidaiyah Kedungjaran.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat Desa Kedungjaran semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan perilaku hidup sehat. Dengan demikian, diharapkan kualitas hidup masyarakat dapat meningkat dan desa menjadi lebih sehat, bersih, dan produktif. Otput dari kegiatan pembinaan ini adalah Booklet Pedoman PHBS yang disusun dan diserahkan pada berbagai stakeholder terkait seperti kepala desa kedungjaran, kepala sekolah MI Kedungjaran, Kepala Ibu-Ibu PKK, dan Kepala Kelompok tani.

Kedungjaran siap menuju desa sehat yang mandiri!



Oleh : 
Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 
Desa Kedungjaran, Kec Sragi, Kab Pekalongan.


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon