Peta Tata Guna Lahan Desa Tengeng Wetan sebagai Media Informasi Penggunaan Lahan untuk Warga Desa




Campusnesia.co.idPerubahan penggunaan lahan pada dasarnya tidak dapat dihindarkan dalam pelaksanaan pembangunan, kenyataan bahwa penggunaan peta tata guna lahan sangat erat kaitannya dengan berbagai keperluan termasuk diantaranya pengelolaan daerah aliran sungai, teknis kehutanan, konservasi tanah dan air, jaringan jalan, reklamasi lahan-lahan terdegradasi, lahan pemukiman, serta masih banyak lagi kegiatan yang sangat memerlukan informasi lahan (Mangiri 2018).

Dalam upaya mendukung perencanaan dan pengelolaan wilayah yang lebih baik, mahasiswa dari Program Studi Teknik Geologi Universitas Diponegoro telah berhasil menyusun peta tata guna lahan untuk wilayah Desa Tengeng Wetan, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam perencanaan tata ruang wilayah dengan memanfaatkan pengetahuan geologi dan teknologi pemetaan. Dengan adanya Peta Penggunaan Lahan Desa Tengeng Wetan diharapkan masyarakat Desa Tengeng Wetan mengetahui penggunaan lahan apa saja yang ada disetiap dusunnya dan mengetahui potensi tempat lahan yang akan digunakan oleh masyarakat disetiap dusun dengan kondisi sumberdaya alam/ buatan yang akan dibuat keberlanjutan sesuai lokasi yang akan digunakan sebagai objek pembangunan di Desa Tengeng Wetan tersebut.

 

Proses pembuatan peta tata guna lahan diawali dengan survey penggunaan lahan dan batas-batas lahan di Desa Tengeng Wetan. Data ini mencakup informasi mengenai jenis penggunaan lahan seperti pertanian, pemukiman, dan fasilitas umum seperti sekolah dasar, Tk, lapangan, serta fitur geografis seperti sungai dan jalan menggunakan software ARCGIS 10.3.1. Setelah itu dilakukan proses editing layout peta untuk membuat dan mengedit elemen-elemen dalam peta seperti judul peta, legenda, arah mata angin, skala, garis lintang dan garis bujur. Peta tata guna lahan dicetak dengan ukuran kertas HVS 42 x 59,4 cm.

Hasil Peta yang telah dibuat memuat berbagai informasi yaitu: penggunaan lahan seperti pertanian, pemukiman, dan fasilitas umum seperti sekolah dasar, Tk, lapangan, serta fitur geografis seperti sungai dan jalan. Penyerahan Peta dilakukan pada tanggal 13 Agustus 2024 yang bertempat di Balai Desa Tengeng Wetan yang diwakilkan dengan Pak Haryatno selaku Sekretaris Desa Tengeng Wetan,. “Saya Ucapkan Terimakasih banyak atas mas mba Perangkat Desa serta teman-teman KKN Undip yang telah membantu Pembuatan Peta ini.”



Penulis : 
‘Afiifah Nur Kamiliya
 
Dosen Pembimbing
Ichlasul Ayyub, S.S., M.Si

Lokasi : 
Desa Tengeng Wetan, Kecamatan Siwalan
Kabupaten Pekalongan.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon