Perilaku Bullying Dan Bahayanya Terhadap Anak Sekolah Dasar




Campusnesia.co.idDesa Siwalan, Kecamatan Siwalan, kabupaten Pekalongan (7/08/2024) – Telah terlaksanakanannya program monodisiplin oleh mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) yaitu pencerdasan terkait bahayanya perilaku bullying terhadap anak sekolah dasar. 

Bullying merupakan salah satu isu yang masih menjadi fokus utama dalam mendidik anak anak. Bullying sendiri masih sulit untuk diselesaikan karena masih banyaknya kasus bullying yang tidak ditindaklanjuti dengan tegas. Bullying sendiri adalah perilaku yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain baik dilakukan secara individu maupun secara berkelompok yang dapat berupa tindakan verbal maupun non verbal bahkan sekarang bullying dapat dilakukan melalui social media. Kasus bullying ini perlu menjadi Highlights permasalahan karena dapat mempengaruhi masa depan bangsa. 

Bullying diatur dalam Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindung Anak pada pasal 76C yang berbunyi “Setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh lakukan, atau turut serta melakukan kekerasan terhadap anak.” 

Anak anak cenderung untuk lebih mudah terpengaruh oleh hal hal yang ada disekitarnya. Apalagi dengan seiring berkembangnya zaman dan perkembangan teknologinya yang mengharuskan anak anak untuk mengetahui cara penggunaan teknologi, seperti Handphone. Penggunaan Gadget pun hingga saat ini menjadi pro dan kontra, karena sulitnya control dari orang tua maupun orang dewasa dalam mengawasi anak anak dalam memainkan Gadgetnya. Salah satu pemicu anak melakukan bullying adalah dengan melihat orang lain melakukan bullying. Selain itu anak anak sekolah dasar ini berada dalam umur yang suka mengeksplorasi segala hal. 


Desa Siwalan ini memiliki 2 sekolah dasar dan memiliki siswa cukup banyak sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa dalam kehidupan sekolah dasar ini ada yang melakukan bullying. Dengan adanya pencerdasan terkait Bullying di SD Siwalan ini diharapakan untuk dapat meningkatkan Awareness terhadap bahayanya bullying dan juga dampak yang terjadi akibat bullying tersebut. Program ini juga ditujukan untuk pihak pihak yang berkepentingan seperti Guru dan juga orang tua agar memperhatikan dan mengawasi anak anaknya supaya tidak terjerumus hal hal yang negatif seperti Bullying


Penulis : 
Denita Salsabila Gunawan
Fakultas Hukum
Universitas Diponegoro


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon