Peran Mahasiswa KKN Undip dalam Edukasi Peternak Mengenai Pentingnya Mineral Melalui Pembuatan Mineral Blok

 

Mahasiswa TIM II KKN Undip 2024 melaksanakan pelatihan 
pembuatan mineralblok yang melibatkan peternak di Desa Jatilawang


Campusnesia.co.idBoyolali, 7 Agustus 2023- Dalam peternakan pemenuhan nutrisi merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga produktivitas ternak. Mineral menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak. Mineral ini penting dalam berbagai proses fisiologis penting bagi hewan seperti pertumbuhan, kesehatan, produksi, reproduksi dan kekebalan tubuh hewan. Pemberian pakan pada ternak di desa Jatilawang Sebagian besar hanya diberikan hijauan pada saat musim hujan dan Jerami padi saat musim kemarau. Pemberian hijauan saja seringkali membuat ternak mengalami kekurangan mineral.

Mengetahui kondisi tersebut, Istiqomah Pangesti Merdenaingtyas sebagai anggota Tim KKN II UNDIP Desa Jatilawang mengadakan program “Pelatihan Pembuatan Mineral blok” sebagai solusi pemenuhan mineral bagi ternak yang berada di Desa Jatilawang, Kecamatan Wonosamodro, Kabupaten Boyolali. Mineral blok merupakan pakan tambahan yang dipadatkan sebagai sumber mineral dan vitamin.

Kegiatan pelatihan diawali dengan penyampaian materi tentang pentingnya mineral dan pengertian dari mineral blok. Pemaparan materi bertujuan agar kesadaran peternak tentang pemenuhan mineral pada ternak meningkat. Kemudian dilanjurkan dengan demonstrasi cara pembuatan mineral blok mulai dari pengenalan alat dan bahan, proses pembuatan, hingga menunjuukan hasil jadi mineral blok. Setelah adanya pelatihan ini daharapkan peternak mampu memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin ternak mereka melalui pemberian mineral blok sehingga ternak tidak mengalami kekurangan mineral dan vitamin yang dapat menyebabkan gangguan fisilogis.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon