Pentingnya Rambu Keselamatan di Lingkungan Sumber Krajan Kelurahan Sumber, Kota Surakarta sebagai Program Monodisiplin Mahasiswa KKN UNDIP Program Studi Ilmu Hukum



Campusnesia.co.id - Surakarta - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) dari Program Studi Ilmu Hukum, Hanif Diksa Adrindra melaksanakan program monodisiplin di Kelurahan Sumber, Kota Surakarta. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rambu keselamatan di lingkungan perumahan, guna menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tertib.

Kelurahan Sumber merupakan salah satu kawasan permukiman padat di Kota Surakarta yang memiliki aktivitas lalu lintas cukup tinggi. Banyaknya kendaraan yang berlalu-lalang di kawasan perumahan menuntut adanya rambu-rambu keselamatan yang memadai. Sayangnya, kesadaran masyarakat terkait pentingnya rambu-rambu lalu lintas di lingkungan perumahan masih kurang. Kondisi ini menjadi perhatian khusus bagi mahasiswa KKN UNDIP.

Sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat, para mahasiswa Ilmu Hukum menginisiasi pemasangan dan sosialisasi mengenai rambu-rambu keselamatan, utamanya rabu yang dibutuhkan pada lingkungan setempat seperti rambu batas kecepatan, dan peringatan zona selamat sekolah. Pemasangan rambu-rambu ini dilakukan di beberapa titik strategis, khususnya di jalanan yang sering dilewati oleh anak-anak dan kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Pentingnya rambu keselamatan di lingkungan Sumber Krajan sering kali diabaikan, padahal rambu-rambu ini berperan vital dalam mengurangi risiko kecelakaan, terutama bagi anak-anak dan pejalan kaki. "Kami melihat bahwa edukasi mengenai rambu keselamatan di lingkungan perumahan perlu ditingkatkan. Rambu-rambu ini bukan hanya sebagai formalitas, tetapi sebagai perlindungan nyata bagi warga," jelasnya.


Program ini juga dilakukan dengan menggandeng perangkat RW 01 dan warga setempat melalui kegiatan edukasi dan diskusi. Dalam kegiatan ini, mahasiswa memberikan pemahaman mengenai fungsi dan manfaat rambu-rambu keselamatan, serta pentingnya mematuhi aturan yang ada. Masyarakat diajak untuk berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman dengan menerapkan perilaku tertib berlalu lintas.

Ketua RW 01, Bapak H. Suparno memberikan apresiasi atas inisiatif mahasiswa KKN UNDIP ini. Menurutnya, program ini sangat relevan dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas keselamatan di lingkungan Sumber Krajan "Dengan adanya rambu-rambu yang jelas, diharapkan masyarakat menjadi lebih sadar dan disiplin dalam berkendara, sehingga keselamatan warga, terutama anak-anak, dapat lebih terjaga," ungkapnya.

Selain pemasangan rambu, mahasiswa KKN juga melakukan survei terkait kepatuhan warga terhadap rambu lalu lintas di lingkungan perumahan. Data dari survei ini akan dianalisis untuk memberikan masukan lebih lanjut kepada pihak kelurahan dalam upaya peningkatan keselamatan berlalu lintas.

Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi masyarakat Kelurahan Sumber. Dengan kesadaran yang lebih baik terhadap pentingnya rambu keselamatan, risiko kecelakaan di lingkungan Sumber Krajan dapat diminimalisir, menciptakan suasana yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh warga.

Kegiatan KKN ini tidak hanya berfokus pada aspek fisik seperti pemasangan rambu, tetapi juga pada perubahan pola pikir masyarakat dalam mematuhi aturan dan menghargai keselamatan bersama. Mahasiswa berharap, kesadaran yang tumbuh dari program ini dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan oleh warga dan pihak kelurahan.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon