Pentingnya Menjaga Postur Tubuh Secara Ergonomis Seringkali Dilupakan, Kini Siswa SDN Dlimas Belajar Bersama Mahasiswa KKN UNDIP untuk Mencegah MSDS

 


Campusnesia.co.idKesadaran akan pentingnya kesehatan perlu ditanamkan sejak dini, khususnya pada masa pertumbuhan siswa sekolah dasar. Dalam rangka meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan di kalangan siswa, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) melaksanakan program edukasi mengenai postur tubuh yang benar dalam melakukan kegiatan sehari-hari di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dlimas, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Kegiatan edukasi ini berlangsung pada hari Kamis, 1 Juli 2024, dengan tujuan untuk memberikan langkah pencegahan terhadap gangguan musculoskeletal (MSDS) pada siswa.

Gangguan musculoskeletal atau lebih dikenal dengan MSDS merupakan gangguan pada otot, tulang dan sendi yang sering disebabkan oleh postur tubuh yang salah saat melakukan aktivitas sehari-hari, terutama di usia pertumbuhan siswa sekolah dasar. Melalui pelaksanaan program edukasi ini, para mahasiswa KKN UNDIP memberikan pembelajaran kepada siswa SDN Dlimas mengenai pentingnya kebiasaan menjaga postur tubuh yang benar, baik saat duduk di kelas, mengangkat barang, maupun saat melakukan aktivitas lainnya yang membebani fisik secara langsung.

Mahasiswa KKN UNDIP tidak hanya memberikan penjelasan secara teori, tetapi juga memberikan praktek secara langsung tentang bagaimana postur tubuh yang benar dalam beraktivitas. Dalam program ini, dilakukan peragaan cara duduk yang baik dan postur tubuh yang benar saat membawa tas untuk menghindari dan mencegah MSDS di kemudian hari. Siswa-siswa SDN Dlimas pun diajak untuk mengikuti latihan sederhana yang dapat membantu mereka menjaga postur tubuh dengan baik.

Materi paling menarik dan banyak disukai oleh siswa SDN Dlimas adalah ketika mahasiswa KKN UNDIP memberikan penjelasan tentang cara mengangkat barang yang berat dengan baik dan benar. Banyak orang yang mengangkat barang yang berat dengan posisi membungkuk, namun posisi tersebut justru rawan memicu terjadinya MSDS. Secara ergonomi, posisi yang baik adalah dengan menurunkan posisi tubuh hingga posisi jongkok lalu berdiri sembari tangan mengangkat barang yang berat. Materi ini menarik bagi siswa SDN Dlimas karena seringkali permasalahan ini diremehkan, namun apabila dilakukan dengan baik dan benar dapat mencegah terjadinya MSDS.

Kepala Sekolah SDN Dlimas, Ibu Yunarofah S.Pd.SD, menyambut kegiatan edukasi ini dengan baik dan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa KKN Undip. “Kami sangat mengapresiasi program ini karena dapat membantu siswa memahami pentingnya postur tubuh yang benar. Dengan demikian, mereka dapat terhindar dari gangguan kesehatan yang mungkin terjadi di kemudian hari,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan edukasi ini diharapkan dapat membekali siswa dengan pengetahuan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jangka panjang serta menjadi salah satu langkah konkret mahasiswa KKN UNDIP dalam mengedukasi dan mengabdi kepada masyarakat melalui program kerja yang mereka laksanakan.



Penulis: 
Yasmin Fathira
Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Prof. Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A., 
Dito Aryo Prabowo, 
Dr. Ir. Frida Purwanti, M.Sc.

KKN TIM II UNDIP 2023/2024 Desa Dlimas
Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon