Peningkatan Minat Belajar Matematika : Mahasiswa TIM II KKN UNDIP Berikan Modul Pembelajaran di SD Negeri 01 Rembun




Campusnesia.co.idRembun (12/08/2024). Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro telah melaksanakan program keilmuan di SD Negeri 01 Rembun, yang berfokus pada pembuatan dan pemberian modul pembelajaran matematika untuk siswa kelas 4, 5, dan 6. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, terutama dalam bidang matematika yang dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang cukup sulit bagi sebagian besar siswa.

SD Negeri 01 Rembun terletak pada Desa Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. SD Negeri 01 Rembun dipimpin oleh kepala sekolah Bapak Iskandar Muslikhu. Pada tanggal 22 Juli 2024 telah dilaksanakan survei lapangan dan konsultasi program bersama Kepala Sekolah dan guru dari kelas yang bersangkutan dengan program keilmuan yang akan dilaksanakan pada SD Negeri 01 Rembun yaitu Ibu Fella.


Pembuatan modul pembelajaran ini diadakan sebagai bentuk penanaman rasa ingin tahu terhadap matematika, sebab cukup banyak siswa dan siswi tidak menyukai mata pelajaran matematika diawali dari jenjang sekolah dasar karena menemukan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dipahami.

Hasil survey diawali dengan menanyakan hal-hal yang menunjang pelaksanaan program keilmuan yaitu terkait materi, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan rancangan program yang akan dijalankan yaitu pembuatan modul matematika untuk kelas 4, 5, dan 6 sesuai dengan materi yang akan diajarkan pada kurikulum merdeka.
 
Pembuatan modul dimulai pada tanggal 24 Juli 2024 dengan langkah awal penyusunan materi dan soal latihan. Modul yang dibuat mencakup berbagai topik matematika dari ketiga kelas, diantaranya adalah bilangan cacah, pecahan, pola gambar dan bilangan, bilangan bulat dan desimal, perkalian dan pembagian bilangan desimal, volume, kelipatan dan faktor, pengukuran rasio, geometri, dan analisis data dan peluang. Setelah penjelasan dari tiap bab, diberikan latihan soal yang bertujuan untuk menguji pemahaman siswa.

Pembuatan modul berakhir dan dicetak pada tanggal 8 Agustus 2024 dan diserahkan kepada sekolah pada 12 Agustus 2024 kepada Bapak Iskandar selaku Kepala Sekolah SD Negeri 01 Rembun. Pembuatan modul menggunakan aplikasi canva untuk mendesain dan menuliskan materi.

Dalam sambutannya, Bapak Iskandar mengapresiasi kerja keras mahasiswa KKN. ”Modul ini sangat bermanfaat bagi siswa kami. Kami berharap dengan adanya modul ini, siswa dapat lebih mudah memahami matematika dan meningkatkan minat terhadap matematika”.
Program keilmuan modul ini dapat digunakan untuk jangka panjang karena dilengkapi dengan barcode yang terhubung dengan file PDF untuk diperbanyak dikemudian hari apabila diperlukan oleh tenaga pengajar.



Penulis : 
Galant Abdi Rif’i Izazi

Kampus/Prodi : 
Universitas Diponegoro/Matematika

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon