Pengelolaan Akun Instagram Pemerintah Desa Tanjung Menjadi Program Kerja Tim KKN Undip 2024

 


Campusnesia.co.idTanjung (06/08). Pada minggu ketiga setelah penerjunan tim KKN Universitas Diponegoro di Desa Tanjung, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah salah satu program kerja monodisiplin yang dilakukan untuk memajukan desa adalah pelatihan pengelolaan akun Instagram resmi milik pemerintah desa. Program ini sukses dijalankan pada tanggal 6 Agustus 2024 bertempat di balai desa dengan perangkat desa terkait. 

Akun media sosial pemerintah pada saat ini dirasa cukup penting karena dapat membangun koneksi di antara pemerintah dan masyarakat. Di samping itu, media sosial juga menjadi aplikasi yang sering digunakan oleh masyarakat. Oleh karenanya, program kerja ini dibentuk untuk melatih perangkat desa untuk mengaktifkan kembali akun Instagram pemerintah yang telah nonaktif selama beberapa tahun. 

Proses pengerjaan program ini dimulai dengan menganalisis bagaimana kondisi akun Instagram pemerintah desa, setelah itu juga dilakukan konsultasi untuk mendengar apa kebutuhan perangkat desa atas pengelolaan Instagram.

Berdasarkan hasil analisis dan konsultasi, ditemukan bahwa perangkat desa membutuhkan pelatihan untuk mengelola instagram dan template postingan agar tampilan lebih rapi. Oleh karena itu, pada tanggal 6 Agustus dilakukan pelatihan dengan diawali penjelasan pentingnya akun sosial media sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat. Media sosial seperti Instagram menawarkan kemudahan dan kecepatan untuk digunakan.

Setelah menjelaskan mengenai aspek-aspek yang berpotensi digunakan dalam Instagram, mahasiswa KKN Undip memberikan template di aplikasi Canva yang dapat digunakan untuk mengunggah postingan informasi desa di akun Instagram. Untuk menjamin keberlanjutan program ini, dilakukan pelatihan mengenai bagaimana template tersebut digunakan, sehingga perangkat desa paham penggunaan template di aplikasi Canva yang dapat disesuaikan dengan berbagai konteks postingan nantinya. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon