Hadapi Revolusi Industri 4.0, Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Dasar-dasar Arduino dan Simulasi

 
Dokumentasi Pemaparan Materi dan Simulasi 
Kepada Perwakilan Karang Taruna Remaja RW 01
 pada Selasa (30/7) di Balai Pertemuan RW 01 (Sumber: Dok. Pribadi)


Campusnesia.co.id - Wonogiri (30/7/2024) - Arduino adalah platform open-source yang menjadi salah satu faktor utama di balik Revolusi Industri 4.0. Arduino dirancang untuk memudahkan prototyping dan pengembangan sistem elektronik dengan menyediakan rangkaian mikrokontroler yang murah dan mudah digunakan, serta berbagai perangkat tambahan seperti sensor-sensor dan modul-modul komunikasi. 

Arduino dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari proyek DIY hingga pengembangan berbagai produk komersial dengan memanfaatkan beberapa model dan variasi yang tersedia. Arduino memiliki fleksibilitas dan skalabilitas sebagai keunggulan utamanya. Arduino terkenal karena harganya yang terjangkau. Jika dibandingkan dengan mikrokontroler dan platform pengembangan lainnya, Arduino menawarkan nilai yang sangat baik bagi para pengembang. Salah satu alasan utama di balik popularitas Arduino adalah kemudahan penggunaannya.

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim II UNDIP 2023/2024, Rizal Fadhilah, Teknik Elektro, sukses melaksanakan program “Pendampingan Pelatihan Arduino dan Simulasi Wokwi” di Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Program ini ditujukan untuk Karang Taruna dengan tujuan memberikan wawasan mengenai dasar dari otomasi industri lewat Arduino sebagai bekal gambaran dalam menentukan jenjang pendidikan selanjutnya.

Kegiatan ini diadakan di balai pertemuan RW 01 pada Tanggal 30 Juli 2024, Pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai. Kegiatan ini diikuti oleh 10 Remaja Karang Taruna RW 01 dengan sangat antusias. Pada awalnya para remaja belum mengetahui dengan materi yang disampaikan dikarenakan memang masih awam mengenai Arduino. Namun setelah dilakukan pemaparan materi dan simulasi bersama-sama, para remaja menjadi lebih paham dan tertarik dengan Arduino.

Kemudian dibagikan juga modul pengenalan Arduino, yang nantinya juga akan dihibahkan ke Remaja Karang Taruna RW 01. Di dalam modul tersebut dimuat pengertian dasar dari mikrokontroler Arduino, berbagai jenis Arduino yang tersedia dan kegunaan dari masing-masing jenisnya. Penjelasan mengenai aplikasi simulator Arduino bernama Wokwi beserta cara menggunakannya,” terang Rizal, Senin (30/7).
 
Dokumentasi Penyerahan Booklet Kepada Perwakilan Karang Taruna Remaja RW 01 
pada Selasa (30/7) di Balai Pertemuan RW 01 (Sumber: Dok. Pribadi)

Kegiatan ini disambut baik oleh para remaja dan Ketua Karang Taruna RW 01. Menurut Iqbal (16), salah satu remaja yang mengikuti kegiatan ini mengatakan bahwa selain mendapatkan wawasan baru, kegiatan ini cukup menyenangkan. Ia juga menuturkan bahwa sangat ingin kegiatan seperti ini dilaksanakan kembali di kemudian hari. “Saya sebagai Ketua Karang Taruna sangat berterima kasih, ini merupakan hal yang baru bagi remaja-remaja. Pengenalan Arduino ini juga dapat meningkatkan keterampilan baik sebagai hobi dan memberikan gambaran kepada remaja jika ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi”. ujar Mas Tri selaku Ketua Karang Taruna RW 01 Kelurahan Kaliancar.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon