Pembuatan Peta Kerawanan Bencana Longsor Desa Semin





Campusnesia.co.id - Desa Semin, yang terletak di Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, memiliki topografi dan kondisi geologi yang menjadikannya rentan terhadap bencana tanah longsor. Dataran tinggi memiliki potensi permasalahan utama yaitu permasalahan bencana tanah longsor, yang dimana Desa Semin ini masih belum memiliki Peta Kerawanan Bencana Longsor.

Peta kerawanan bencana longsor adalah sebuah peta yang menggambarkan tingkat risiko atau kerawanan suatu daerah terhadap kejadian longsor. Peta ini dibuat berdasarkan berbagai faktor, seperti kondisi geologi, curah hujan, tutupan lahan, kemiringan lereng, dan aktivitas manusia.

Peta ini berguna untuk berbagai tujuan, termasuk :

• Perencanaan Tata Ruang: Membantu pemerintah dan pengembang dalam menentukan zona aman untuk pembangunan.

• Mitigasi Bencana: Menyediakan informasi penting untuk langkah-langkah pencegahan dan mitigasi risiko bencana.

• Edukasi Masyarakat: Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang risiko longsor di daerah mereka.

• Respon Darurat: Membantu tim penyelamat dalam mengidentifikasi daerah yang berisiko tinggi dan memprioritaskan upaya penyelamatan.




Peta kerawanan bencana longsor biasanya disusun oleh lembaga pemerintah seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan menggunakan data dan teknologi pemetaan geospasial. Dalam hal ini, salah satu mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2024 membuat Peta Karawanan Bencana Longsor dengan menggunakan data DEMNAS serta mengolahnya dengan software ArcGIS (teknologi pemetaan Geospasial).

Dengan menggunakan peta kerawanan bencana longsor, pihak berwenang dan masyarakat dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengelola dan memitigasi risiko bencana longsor.



Penulis:
Prisatio Dwi Farhansyah
KKN TIM II Universitas Diponegoro


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon