Pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) melalui OSS (Online single Submission) di Desa Sroyo Jaten Karanganyar oleh Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro

 

(Hasil Luaran Berupa Pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) 
melalui OSS (Online single Submission), Serta Poster Pembuatan NIB)


Campusnesia.co.idDesa Sroyo, Jaten, Karanganyar, baru-baru ini menjadi saksi atas inisiatif produktif yang dilakukan oleh mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro. Salah satu mahasiswa, Wahyu Hidayat dari Fakultas Hukum, memimpin suatu program untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam proses pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem Online Single Submission (OSS).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap utama yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya NIB. Pertama, mahasiswa melakukan penyuluhan dan demonstrasi pembuatan Akun Online Single Submission. Dalam sesi ini, peserta diajarkan langkah-langkah teknis untuk membuat akun OSS, yang merupakan langkah awal dalam proses pendaftaran NIB.

Selanjutnya, Wahyu dan timnya memberikan penyuluhan dan pelatihan seputar kegunaan NIB dalam UMKM. Dalam pelatihan ini, mereka menjelaskan berbagai manfaat memiliki NIB, seperti kemudahan akses terhadap bantuan modal, legalitas usaha, serta peluang untuk mengembangkan usaha secara lebih profesional. Peserta sangat antusias dan memberikan respon positif, menunjukkan betapa pentingnya informasi ini bagi keberlanjutan usaha mereka.

Puncak dari kegiatan ini adalah pendaftaran NIB bagi UMKM, di mana mahasiswa mendampingi pelaku usaha untuk melakukan proses pendaftaran secara langsung. Dengan bimbingan yang tepat, banyak pelaku UMKM berhasil mendapatkan NIB yang dibutuhkan, memberikan mereka keunggulan dalam mengatasi tantangan di dunia usaha.

 
(Pemaparan materi, pendaftaran, 
dan juga pemberian poster serta modul)

Wahyu Hidayat menegaskan pentingnya kegiatan ini, “Kami berharap dengan adanya pembuatan NIB melalui OSS, pelaku UMKM di Desa Sroyo dapat memperoleh legalitas yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan usaha mereka.”

Kegiatan ini bukan hanya memberikan manfaat bagi UMKM, tetapi juga menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa sebagai bentuk pengabdian dan penerapan ilmu yang telah mereka pelajari. Dengan program ini, diharapkan Desa Sroyo dapat lebih maju dan berkembang, serta menciptakan ekosistem usaha yang lebih baik di masa mendatang.


Diponegoro, Semarang
Tim II Kuliah Kerja Nyata Reguler 2023/2024

Penulis : 
Wahyu Hidayat

Program Studi dan Fakultas : 
Hukum & Fakultas Hukum (FH)

Lokasi KKN : 
Desa Sroyo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar

Target: UMKM

Editor :
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon