Pembuatan Booklet Pengenalan UMKM Pabrik Tempe Rumahan Desa Siwalan



Campusnesia.co.id - Siwalan, Pekalongan (03/08/2024) - Tempe merupakan sebuah makanan yang terbuat dari kedelai yang melewati proses fermentasi. Keberadaan tempe ini sudah ada lebih dari 1000 tahun dan juga menjadi salah satu makanan yang digemari oleh orang Indonesia. 

Tempe digemari banyak kalangan karena memiliki banyak variasi olahan makanan, sehingga cocok untuk di segala jenis makanan. Selain menjadi salah satu makanan yang sering dimakan, Tempe memiliki banyak khasiat yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain: serat, Vitamin B, zat besi, kalsium, dan magnesium. Selain banyak khasiatnya, tempe memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu menurunkan kadar kolesterol, mengendalikan gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. 


Salah satu pengusaha tempe rumahan di Desa Siwalan yaitu Mas Restu. Beliau memulai usaha tempe rumahan sejak lima tahun yang lalu. Usahanya ini juga dilakukan oleh seluruh anggota keluarganya. Dalam sekali produksi, mereka dapat menghasilkan tempe segar sebanyak 100 Kg yang akan dipasarkan ke beberapa pasar di Pekalongan. 

Untuk menciptakan sebuah tempe yang sempurna dan layak dimakan, diperlukan waktu selama tiga hari. Karena dalam pembuatan tempe ini memerlukan sebuah proses fermentasi dari sebuah mikroorganisme kapang Rhizopus Oligosporus. Rhizopus Oligosporus berperan besar dalam pembuatan tempe yang menghasilkan Enzim Protease. Enzim ini menghasilkan Enzim Fitase fitat yang membuat komponen makro pada kedelai dipecah menjadi komponen mikro. Proses fermentasi ini membutuhkan waktu sekitar 30-50 jam. 



Penulis:
Muhammad Adam Permana
Fakultas Ilmu Budaya
Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon