Pembuatan Booklet ‘Get to Know Surakarta Great Mosque’ oleh Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2024




Campusnesia.co.id - Surakarta (23/7/2024). Kuliah Kerja Nyata adalah suatu bentuk kegiatan yang menggabungkan Dharma Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam satu kegiatan. Ketiga aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi ini dilaksanakan dengan proporsi yang seimbang, dengan harapan bahwa kelak para lulusannya akan menjadi manusia yang berilmu pengetahuan memadai dalam bidang masing-masing, mampu melakukan penelitian, dan bersedia mengabdikan diri demi kemaslahatan umat manusia secara umum dan masyarakat Indonesia secara khusus.

Universitas Diponegoro telah membuka kegiatan KKN Tim II UNDIP 2024 di beberapa kota di Jawa Tengah, salah satunya adalah kota Surakarta. Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang sejarah dan kebudayaan di Surakarta, mahasiswa jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya, Eltris Laura Putrihani, yang juga merupakan peserta KKN Tim II Universitas Diponegoro 2024 telah melaksanakan program kerja penyusunan booklet "Get to Know Surakarta Great Mosque". Tujuan dari pembuatan booklet ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan turis tentang sejarah Masjid Agung Surakarta yang tidak bisa dilepaskan dari perjalanan panjang sejarah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.
   
Mahasiswa melakukan penelitian dan pengumpulan data tentang sejarah dan kebudayaan Masjid Agung Surakarta. Berdasarkan data yang dikumpulkan, mahasiswa menyusun booklet yang berisi informasi tentang sejarah dan kebudayaan Masjid Agung Surakarta dengan bahasa Inggris yang mudah dimengerti dan disusun semenarik mungkin. Booklet ini dilengkapi dengan foto-foto yang menarik dan deskripsi yang jelas tentang setiap aspek yang disajikan. Booklet "Get to Know Surakarta Great Mosque" kemudian diberikan kepada pengurus Masjid Agung Surakarta untuk diperbanyak dan diletakkan di perpustakaan Masjid Agung Surakarta sebagai media informasi bagi para turis mancanegara. 


Program kerja penyusunan booklet "Get to Know Surakarta Great Mosque" telah berhasil meningkatkan kesadaran dan pengetahuan turis baik local maupun mancanegara tentang sejarah dan kebudayaan Masjid Agung Surakarta. Booklet ini telah menjadi salah satu sumber informasi yang berguna bagi pengunjung terutama dari mancanegara yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang salah satu ikon kebudayaan kota Surakarta. 

Dengan demikian, program kerja ini tidak hanya meningkatkan kesadaran masyarakat tetapi juga membantu dalam pengembangan pariwisata di kota Surakarta. Melalui booklet ini, para turis dapat memaknai sejarah Masjid Agung Surakarta dengan lebih baik. 

Untuk informasi selengkapnya, silakan mengunjungi media sosial Instagram lewat link berikut ini: https://www.instagram.com/kkn.eltrislaura/




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon