Pemberdayaan Masyarakat Desa: Mahasiswa KKN Tim II Undip Wujudkan Pengelolaan Berkelanjutan Sendang Tirtosumo


KKN Tim II Undip dan Warga Membersihkan Sendang


Campusnesia.co.idDesa Juwangi, Kec. Juwangi, Kab. Boyolali (26/07/24) –Mahasiswa KKN Tim II Undip di Desa Juwangi berhasil melaksanakan program advokasi dan aksi nyata dalam pemberdayaan masyarakat terkait pengelolaan sendang sebagai sumber daya alam penting di desa tersebut. Desa Juwangi memiliki berbagai daya tarik wisata yang membuat Juwangi dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya adalah Sendang Tirto Kusumo dan Sumur Jolotundo. Dahulu, Sendang Tirtusumo sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat dari luar Juwangi bak tempat wisata, namun saat ini hanya warga Juwangi yang berkunjung ke sendang. Artinya, potensi wisata dari Sendang Tirtosumo ini menurun secara signifikan. 

Program ini merupakan bagian dari upaya menjaga kelestarian lingkungan sekaligus mengoptimalkan pemanfaatan sendang sebagai sumber kehidupan dan potensi wisata lokal. Mahasiswa Tim II KKN Undip, Indira Aprilia Salsabila dari program studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik memberikan advokasi kepada masyarakat setempat tentang pentingnya merawat sendang, potensi sendang dan hal-hal yang harus diperhatikan lebih dalam merawat sendang. Menanggapi advokasi tersebut, beberapa hari setelahnya masyarakat dan mahasiswa Tim II KKN Undip Desa Juwangi mulai meluncurkan aksi kerja bakti membersihkan lingkungan Sendang Tirtosumo dan membentuk jadwal bersih-bersih 3 minggu sekali. 

 
Advokasi Pentingnya Merawat Sendang

Program kerja advokasi dan aksi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya pengelolaan sendang secara berkelanjutan. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, mahasiswa mengadakan berbagai sesi pemberian materi dan diskusi dengan masyarakat setempat. Materi yang disampaikan mencakup cara menjaga kebersihan sendang, teknik sederhana untuk memelihara kualitas air, serta langkah-langkah dalam mengelola kawasan sendang sebagai area konservasi dan wisata. Program advokasi yang dijalankan rupanya mendapat tanggapan baik dari masyarakat setempat, terbukti dari niat dan kesadaran masyarakat untuk membersihkan sendang dan membuat jadwal kerja bakti. 

Sendang Tirtosuno merupakan potensi wisata yang wajib dilestarikan oleh masyarakat Desa Juwangi. Mahasiswa TIM II KKN Undip berharap program ini dapat menjadi awalan yang baik untuk membuat perubahan dan peningkatan kesadaran warga setempat untuk memberi perhatian lebih kepada tempat wisata yang ada sebagai peninggalan sejarah dan identitas unik desa. 



Penulis : 
Indira Aprilia Salsabila
Mahasiswi Jurusan Administrasi Publik 
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon