Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Desa Mojorejo: Melalui Peluang Budidaya Perikanan Darat

 
(Pemaparan Materi oleh Alfie Anasya Putra)

Campusnesia.co.idDalam rangka meningkatkan kegiatan perekonomian Masyarakat Desa Mojorejo, dilakukan sosialisasi tentang Pemanfaatan Potensi Pembudidayaan Perikanan Darat bagi Masyarakat Desa Mojorejo  yang merupakan bagian dari program kerja yang dilakukan oleh KKN TIM II Universitas Diponegoro di Desa Mojorejo.

Sosialisasi ini disampaikan oleh Alfie Anasya Putra Mahasiswa Fakultas Hukum Undip Pada Tanggal 31 Juli 2024 di Balai Pertemuan Dukuh Sambilutung, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo. Pada sosialisasi ini dihadiri oleh 30 orang yang terdiri dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Maju Bersama Dukuh Masan dan KWT Srikandi Dukuh Sambilutung.

Dalam sosialisasi ini disampaikan tentang terdapatnya peluang ekonomis yang dapat dilakukan oleh KWT yang ada di Desa Mojorejo melalui pemanfaatan potensi pembudidayaan perikanan darat yang memiliki manfaat, seperti meningkatkan ekonomi desa, meningkatkan ketahanan pangan, dan alternatif pemenuhan gizi masyarakat.

Selain itu dalam pemaparan yang dilakukan juga dijelaskan terkait tahapan untuk mengajukan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), dimana izin tersebut dibuat jika skala pembudidayaan yang dilakukan sudah berskala besar.

Pelaksanaan sosialisasi ini mendapatkan respon positif dari KWT di Desa Mojorejo, seperti yang disampaikan oleh Bu Suwarti selaku ketua KWT Srikandi yang menganggap dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan dorongan bahwa pembudidayaan perikanan darat memiliki manfaat yang besar jika dilakukan secara optimal.


Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat menjadi potensi baru yang ada di Desa Mojorejo untuk terus dapat dikembangkan, sehingga dapat memberikan manfaat kepada Masyarakat Desa Mojorejo, khususnya kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon