Pembaruan Nama Kecamatan Baru di Desa Jatilawang pada Google Maps : Warga Antusias Sambut Perubahan



Campusnesia.co.id - Desa Jatilawang terletak di Kecamatan Wonosamodro, Kabupaten Boyolali. Namun beberapa tahun ini kurang lebih dalam 5 tahun terakhir, nama Kecamatan Wonosamodro merupakan kecamatan baru, hasil dari perpecahan kecamatan sebelumnya yaitu Kecamatan Wonosegoro. Desa Jatilawang merupakan salah satu Desa yang terkena dampak dari pecahnya kecamatan Wonosegoro. Dalam waktu 5 tahun ini, Desa Jatilawang sudah berganti alamat yang terletak di Kecamatan Wonosamodro. 

Namun ternyata, tidak cukup banyak orang yang tahu mengenai hal ini, bahkan warga Boyolali sekalipun. Hal tersebut dikarenakan kurangnya informasi tentang perpecahan Kecamatan Wonosegoro dan munculnya nama Kecamatan baru yaitu Wonosamodro. Kurangnya informasi tersebut salah satunya disebabkan oleh bidang kehumasan yang tidak menyampaikan dan memanfaatkan informasi dengan luas dan efektif untuk masyarakat terima, sehingga hal tersebut menimbulkan miss information yang dialami oleh warga Boyolali dan masyarakat pendatang, yang masih mengira bahwa Desa Jatilawang masih masuk kedalam Kecamatan Wonosegoro.

Menanggapi hal tersebut, maka mahasiswa Bilqis Putri Fajarty dari Program Studi Informasi dan Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro membuat program kerja Monodisiplin yang berjudul “Pembaruan Nama Kecamatan Baru di Desa Jatilawang pada Google Maps : Warga Antusias Sambut Perubahan” yang bertujuan untuk melakukan pengajaran pada Perangkat Desa Jatilawang soal bagaimana merubah nama Kecamatan yang baru di Desa Jatilawang melalui Google Maps, supaya nantinya tidak ada lagi masyarakat yang miss informasi mengenai alamat Desa Jatilawang yang benar.

 

Pelaksanaan program kerja ini disambut antusias dari warga Desa Jatilawang, karena mereka merasa membutuhkan pembaruan kecamatan yang baru pada Google Maps. Proses pembaruan nama Kecamatan Desa Jatilawang yang baru bersama perangkat desa membutuhkan waktu 3-5 hari dari pihak google, karena pihak google maps sendiri perlu mengidentifikasi terlebih dahulu apakah data yang ingin diubah sudah benar atau belum.

Dengan adanya pembaruan nama kecamatan di Desa Jatilawang yang baru ini, masyarakat Boyolali atau masyarakat pendatang dapat mengetahui dengan benar alamat yang lengkap di Desa Jatilawang dan tidak terjadi lagi informasi yang salah atau simpang siur yang beredar mengenai nama kecamatan yang benar di Desa Jatilawang.



Penulis :
Bilqis Putri Fajarty

DPL :
Dr. Muchammad, ST., MT.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon