Pelatihan Pembukuan Kas untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Warga Desa Daleman Kidul



Campusnesia.co.id -  Daleman Kidul (08/08/2024) Pembukuan merupakan praktik akuntansi yang menjadi komponen penting dalam kegiatan ekonomi, baik untuk kegiatan yang melibatkan transaksi jual beli maupun dalam kegiatan sehari-hari.

Pembukuan sendiri merupakan proses pencatatan seluruh transaksi keuangan suatu entitas atau organisasi. Demi menunjang keberlangsungan suatu usaha, perlu dilakukan pembukuan untuk menjaga aliran aset perusahaan, baik yang berupa kas, barang ataupun aset yang tidak berwujud. Dengan pembukuan yang baik dan lengkap, dapat dilakukan pemantauan terhadap transaksi keluar dan masuk perusahaan.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM merupakan bentuk usaha yang umum ditemukan di Desa Daleman Kidul. Sebagian besar UMKM belum membuat pembukuan karena merasa tidak perlu untuk melakukannya.

Melihat itu, Fitriami Khairunnisa mahasiswa KKN Tim II Undip tahun 2023/2024 dari jurusan Ekonomi Islam menyusun program kerja untuk mengenalkan betapa pentingnya pembukuan dalam usaha.

Program ini dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2024 di balai desa Desa Daleman Kidul. Kegiatan ini dihadiri oleh 17 warga desa yang terdiri dari ibu-ibu PKK dan selain anggota PKK. Kegiatan diawali dengan mengenalkan konsep manajemen keuangan yang kemudian dilanjutkan kepada pengenalan konsep pembukuan. Mahasiswi KKN juga menjelaskan fungsi dan berbagai sistem dan metode pembukuan yang dapat dilakukan warga maupun pelaku usaha.

Selain memberikan penjelasan berbentuk teori, mahasiswi KKN juga memberikan template buku kas sederhana. Mahasiswi KKN kemudian menjelaskan mengenai pembukuan kas sederhana dengan lebih detail kepada warga yang mudah dipahami. Penjelasan yang diberikan berupa penggunaan pembukuan dan cara mengisi buku kas.
 
Dengan pelatihan pembukuan mahasiswi KKN berharap ilmu yang dibagikannya dapat bermanfaat bagi warga dan warga desa terutama pelaku usaha mulai menyadari pentingnya pembukuan serta menerapkannya, baik dalam sisi wirausaha maupun kehidupan sehari-hari.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon