Pelatihan Pembuatan Probiotik Rabal untuk Mendukung Akuakultur yang Berkelanjutan di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar


Kegiatan Demonstrasi Pembuatan Probiotik Rabal 
Kepada Warga Dusun Tanjung


Campusnesia.co.idDesa Dayu, 26 Juli 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro Semarang mengadakan pelatihan pembuatan probiotik Rabal yang bertujuan untuk mendukung Akuakultur yang berkelanjutan di Desa Dayu. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga dalam teknologi akuakultur yang ramah lingkungan.

Pelatihan yang berlangsung selama satu hari ini diikuti oleh warga Dusun Tanjung yang tertarik dengan program kerja ini. Materi pelatihan mencakup teori dasar tentang probiotik Rabal serta praktik secara langsung dalam pembuatan probiotik Rabal yang berbahan dasar lokal dan mudah untuk didapatkan.

Menurut Mahasiswa KKN yang terlibat, Jenriken Fortober Sihaloho, probiotik Rabal dapat meningkatkan nafsu makan, pertumbuhan ikan, kualitas air, kesehatan ikan, dan mengurangi bau kotoran, serta mengurangi penggunaan antibiotik. “Dengan pelatihan ini, kami berharap peternak ikan di Desa Dayu dapat memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan usaha budidaya mereka,” jelas Jenriken.

Kepala Dusun Tanjung, Wakiman Satimin, mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN dan berharap pelatihan ini dapat membawa dampak positif bagi komunitas. “Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Universitas Diponegoro Semarang. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi warga kami, terutama dalam upaya menjaga lingkungan dan meningkatkan hasil panen ikan.”

Pelatihan ini diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan teknis, tetapi juga meningkatkan kesadaran tentang pentingnya praktik akuakultur yang ramah lingkungan di kalangan masyarakat desa supaya lingkungan tidak rusak dan tercemar.



Penulis : 
Jenriken Fortober Sihaloho

Jurusan : 
Akuakultur - FPIK

Dosen Pembimbing Lapangan :  
1. Dr. Vivi Endar Herawati, S.Pi., M.Si
2. Dr. Drs. Suhartana, M.Si
3. Dr. Ir. Suyatno, M.Kes

Lokasi : 
Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar

Editor :
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon