Pelatihan Pembuatan Mineral Blok: Langkah Nyata Mahasiswa KKN untuk Mendukung Pemenuhan Mineral Ternak



Campusnesia.co.idBoyolali (18/8) - Pertumbuhan dan perkembangan ternak adalah tujuan utama bagi peternak dengan memperhatikan pemberian pakan maka ternak akan mengalami perkembangan yang baik. Pakan yang biasa diberikan berupa hijauan segar dan konsentrat komersial. Namun, kebutuhan nutrisi ternak lainnya berupa mineral kurang diperhatikan oleh peternak sehingga perlu adanya pakan tambahan untuk memenuhi kebutuhan mineralnya. Ternak yang kekurangan mineral dapat terkena penyakit defisiensi mineral yang mampu menyebabkan gangguan pada proses metabolisme tubuh seperti memperlambat pertumbuhan, produksi, serta reproduksi ternak. 

Alfenina Glory Mahardiani, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro TIM II Tahun 2024, aktif berperan dalam pemenuhan kebutuhan mineral ternak melalui pelatihan pembuatan mineral blok di Desa Ngaglik. Tujuan pelaksanaan program ini adalah membuka pemikiran peternak terkait pentingnya pemenuhan kebutuhan mineral pada ternak. Pelatihan ini membantu peternak untuk memahami manfaat hingga cara pembuatan mineral blok sehingga dapat dilakukan secara mandiri oleh peternak dan mengurangi tingkat ternak yang terjangkit penyakit defisiensi mineral di Indonesia. 

Program kerja ini diawali dengan wawancara kepada perangkat desa dan beberapa masyarakat terkait kondisi peternakan di Desa Ngaglik. Berdasarkan hasil observasi diketahui jika di Desa Ngaglik, para peternak masih kurang memperhatikan kebutuhan mineral pada ternaknya karena pakan yang diberikan hanya berupa hijauan segar dan sedikit konsentrat komersial.

Program ini dilaksanakan pada minggu ke 5 di rumah Ketua RT 07 Desa Ngaglik dengan melakukan pencarian materi terkait mineral blok dan pembelian bahan-bahan untuk membuat mineral blok. Kemudian, diadakan sosialisasi pada peternak mengenai pengenalan umum, manfaat hingga fungsi bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan mineral blok pada hari Minggu (18/8/2024). Setelah sosialisasi dilanjutkan pelatihan pembuatan mineral blok dan diakhiri dengan penyerahan poster pembuatan mineral blok kepada peternak Desa Ngaglik. 

 

Program kerja ini mendapatkan respon baik dari peternak di Desa Ngaglik. Pelatihan tersebut sangat membantu peternak dalam membuat mineral blok sehingga kebutuhan ternak mereka terpenuhi dan pertumbuhan ternak dapat tidak terhambat. Ternak yang mencapai target pertumbuhan menandakan pakan yang dikonsumsi dapat dimanfaatkan oleh tubuh dengan baik. 



Penulis : 
Alfenina Glory Mahardiani
S-1 Peternakan (2024), Fakultas Peternakan dan Pertanian
Universitas Diponegoro.

Dosen Pembimbing : 
Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum

Lokasi : 
Desa Ngaglik, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali

Editor :
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon