Peduli Sesama dengan Kasih Sayang melalui Psychological First Aid


Campusnesia.co.id - Surakarta, 29 Juli 2024. Berangkat dari banyaknya kasus bullying, kekerasan dalam rumah tangga, kecelakaan, dan berbagai macam musibah atau bencana yang menimpa masyarakat sekitar di kehidupan sehari-hari mengakibatkan dampak psikologis yang tidak mereka ketahui. Oleh sebab itu, perlu adanya penyadaran mengenai dampak psikologis dari terjadinya suatu bencana. Kelompok yang paling dekat dengan masyarakat adalah PKK karena keberadaanya yang selalu ada di setiap RT, RW, dan lingkungan kelurahan. Dengan demikian, PKK perlu untuk dapat menjadi orang pertama yang dapat membantu dan mendukung masyarakat yang menjadi korban suatu musibah atau bencana.

Sebanyak 21 orang kader PKK Kelurahan Kemlayan dengan antusias mengikuti kegiatan Psikoedukasi Psychological First Aid (PFA) yang diselenggarakan di Aula Kelurahan Kemlayan. Kegiatan ini bertujuan untuk pemberdayaan kader PKK dalam ranah kesehatan khususnya dalam aspek psikologis untuk membantu dan memberikan dukungan kepada korban ketika mengalami musibah atau bencana. 

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari KKN yang diadakan di kelurahan Kemlayan. Pemberian Psikoedukasi dengan materi yang disampaikan oleh Naufal Rafi Ilyasa, seorang mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro yang sedang bertugas di Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. Materi yang disampaikan meliputi pengertian PFA, tujuan PFA, Komponen dasar PFA, dan langkah-langkah pemberian PFA. 

Selama kegiatan, peserta terlihat sangat antusias dan senang mendengarkan materi yang dipaparkan. Tidak hanya mendapatkan materi mengenai PFA, namun peserta kegiatan juga terlibat aktif dalam Forum Group Discussion (FGD) untuk memecahkan studi kasus yang diberikan dengan menerapkan konsep PFA dalam situasi nyata yang telah disimulasikan. 

Hasil dari diskusi kelompok tersebut kemudian dipresentasikan kepada seluruh peserta. Setiap kelompok berhasil untuk menyampaikan hasil diskusinya dengan jelas dan sesuai dengan materi PFA yang sudah diberikan. Hal ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan aplikasi materi yang telah diperoleh selama kegiatan berlangsung.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kader PKK dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan bantuan dan dukungan secara psikologis di lingkungan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat, terutama di tengah situasi yang penuh tantangan.

 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon