Panduan Visual: Yuk Kenali, Rambu Bencana Dalam Menghadapi Bencana Alam



Campusnesia.co.id - Batang (29/07/2024) - Rambu-rambu bencana merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui sejak dini, terkhususnya oleh anak-anak yang sudah mulai bersekolah. Bencana merupakan peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat baik yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam maupun faktor manusia. Pencerdasan terkait bencana juga harus diedukasikan sejak dini, untuk meminimalisir ketidaktahuan tindakan saat terjadi bencana.

Oleh karena itu kegiatan yang diadakan adalah sosialisasi rambu-rambu bencana. Kegiatan ini merupakan bentuk dari realisasi salah satu mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2024 dengan sasaran anak SMP Kelas 9 di SMPN 03 Karangtengah. Mengambil sasaran anak SMP dengan harapan mereka mendapat pengetahuan sedini mungkin dan dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. 
 
Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi kepada siswa  yang berisi tentang penjelasan Rambu Bencana, macam-macam rambu bencana, pentingnya rambu bencana sejak dini, mitigasi terjadinya gempa bumi. Para siswa sangat antusias dan senang dengan adanya kegiatan ini, dibuktikan dengan keaktifan para siswa dalam tanya jawab. Dengan adanya kegiatan edukasi rambu-rambu bencana diharapkan mereka dapat menerapkan dan meningkatkan pengetahuannya, sehingga dapat diterapkan di masyarakat Desa Karangtengah untuk kedepannya.
 

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pemberian kuis kepada siswa kelas 9 terkait rambu-rambu bencana. 

 
Kegiatan ini, mahasiswa menyiapkan poster sebagai pegangan siswa dengan menempelkannya pada mading sekolah, setelah itu dilakukan sosialisasi dengan materi rambu-rambu bencana. Dengan pelaksanaan program mitigasi bencana alam, diharapkan siswa kelas 9 SMPN 03 Karangtengah mampu mengimplementasikan ilmu yang telah diberikan apabila terjadi bencana alam. Ilmu tersebut memberikan dampak positif dalam meminimalisir risiko dan kerugian yang disebabkan oleh bencana alam. 



Penulis: 
Sarah Anggraini
Mahasiswa Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan:
Diah Rahayu Wulandari, SKM., M.Kes.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon