Optimalkan Pengelolaan Keuangan TPS 3R: Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Berikan Pendampingan Laporan Keuangan"

 
Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2024 melakukan penyerahan modul 
dan pendampingan tentang laporan keuangan 
kepada pengelola TPS 3R di Desa Podo (23/07/2024) (foto: dokumen pribadi)

"Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2024 Berikan Pendampingan Kepada Pengelola Tempat Pengolahan Sampah 3R di Desa Podo dalam Menyusun dan Mengelola Laporan Keuangan yang Akurat dan Efisien"


Campusnesia.co.id - Desa Podo, 23 Juli 2024 – Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2024 telah melaksanakan program pendampingan kepada pengelola Tempat Pengolahan Sampah 3R di Desa Podo. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelola dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan dengan akurat dan efisien, sehingga pengelolaan keuangan TPS 3R dapat dilakukan dengan lebih profesional dan transparan.

Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan keuangan TPS 3R, mahasiswa KKN Tim II UNDIP memberikan pendampingan langsung kepada pengelola terkait pembuatan laporan keuangan. Program ini meliputi pndampingan tentang pengelolaan anggaran, serta penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi.

Menurut ketua Tim II KKN UNDIP, Agung Surya Permana, "Penting bagi pengelola TPS 3R untuk memiliki sistem pencatatan keuangan yang baik agar pengelolaan dana dapat dilakukan secara efektif. Melalui pendampingan ini, kami berharap pengelola TPS 3R dapat membuat laporan keuangan yang akurat."


Pelatihan yang diberikan oleh mahasiswa KKN mencakup berbagai sesi interaktif, mulai dari dasar-dasar akuntansi hingga menyediakan template laporan keuangan dan panduan praktis yang bisa langsung diterapkan oleh pengelola TPS 3R.

Dalam sesi pendampingan, pengelola diperkenalkan dengan berbagai metode pencatatan transaksi keuangan dan pengelolaan anggaran yang dapat membantu mereka dalam memantau pemasukan dan pengeluaran dengan lebih efektif. 

Pengelola TPS 3R di Desa Podo menyambut baik program pendampingan ini. Bapak Bardi, salah satu pengelola TPS 3R, menyatakan "Sesi pelatihan ini sangat bermanfaat. Dengan adanya panduan dan template yang diberikan, kami dapat lebih mudah dalam melakukan pencatatan keuangan dan memastikan bahwa laporan keuangan kami akurat."

Pendampingan oleh mahasiswa KKN Tim II UNDIP ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek tetapi juga membawa dampak positif jangka panjang bagi pengelolaan TPS 3R di Desa Podo.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon