Optimalisasi Potensi Lokal, Tim KKN UNDIP Buat Rangkaian Pelatihan Ini!


Foto Tim KKN UNDIP pada pelaksanaan 
program Multidisiplin 1 (dokumentasi pribadi)


Campusnesia.co.idBatang (24/7). Tim KKN UNDIP yang bertempat di Desa Tombo membuat rangkaian pelatihan dalam rangka optimalisasi potensi lokal. Rangkaian pelatihan yang dilaksanakan berupa pelatihan pengolahan kopi sampai pelatihan pemasaran produk.

Desa Tombo sendiri terletak di puncak tepatnya di Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Desa ini memiliki potensi lokal berupa tanaman kopi. Hampir setiap penduduk menamam kopi baik di sekitar rumah maupun di kebun.

Keprihatinan muncul akibat banyak warganya yang memiliki tanaman kopi namun hanya mengolah kopi hingga sebatas greenbeans (biji kopi hijau). Masyarakat pun lebih memilih mengkonsumsi kopi kemasan daripada mengolah hasil kebunnya sendiri. 

Kondisi ini yang menginisiasi Tim KKN UNDIP di Desa Tombo merancang sebuah pelatihan. Bekerja sama dengan masyarakat setempat, pelatihan dilaksanakan dengan harapan masyarakat mampu melaksanakan proses pengolahan kopi yang benar sekaligus menjual dan memasarkannya. 

Pelatihan telah dilaksanakan pada minggu ketiga pelaksanaan KKN yaitu pada tanggal 24 dan 27 Juli 2024. Peserta pelatihan merujuk pada masyarakat usia produktif yang memiliki kemauan dan minat di bidang usaha dan kopi.

Pelatihan dirancang dengan mengombinasikan berbagai ilmu disiplin untuk mencapai efektivitas dan tujuan kegiatan. Berikut rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama proses pelatihan: 

1. Pelatihan Roasting Biji Kopi
Masyarakat sudah tidak awam lagi dengan proses pengolahan kopi hingga greenbeans, untuk itu pelatihan di hari pertama berfokus pada penggunaan alat dan proses roasting biji kopi.

2. Pelatihan Grinding 
Sesi kedua di hari pertama berisikan pelatihan grinding kopi atau proses mengubah biji kopi menjadi bubuk. Seluruh sesi di hari pertama dipandu oleh narasumber atau ahli di bidang kopi, Nur Hudin.


3. Pelatihan Pengelolaan Keuangan dalam Usaha
Hari kedua pelatihan berfokus pada pengembangan usaha salah satunya mengelola keuangan dalam usaha. Kegiatan yang dilakukan peserta adalah pelatihan menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) dan pencatatan keuangan serta pembuatan laporan keuangan dalam usaha.

4. Pelatihan Pemasaran
Masyarakat umumnya menjual hasil panennya ke tengkulak membuat harga terkadang lebih rendah. Pelatihan yang disusun Tim KKN UNDIP menyasar pada penjualan dan pemasaran produk lewat media online. Peserta pelatihan juga diajarkan mengenai cara pembuatan konten untuk meningkatkan promosi produk.

 


Sebagai upaya untuk mendorong keberlanjutan kegiatan, Tim KKN UNDIP mendesain logo, merek, cara mengurus NIB,  akun usaha, dan kelompok usaha yang dibentuk dari peserta pelatihan. Modul pelatihan juga diserahkan kepada pihak BUMDes selaku pengelola unit usaha yang berjalan di desa.



KKN TIM II UNDIP 2024 Desa Tombo 

Dosen Pembimbing Lapangan:
Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaningrum, S.Si., M.Si.
Dr. Yusniar Hanani Darundiati S. TP.,M. Kes
Apip, S.E., M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon