Optimalisasi Gizi Ibu Hamil: Penyuluhan Pencegahan Anemia oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip di Desa Dagen

 


Campusnesia.co.id - Karanganyar, 19 Juli 2024 - Pada minggu pertama KKN yang dilaksanakan di Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, mahasiswa KKN Tim II Undip melakukan survei pada ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas, dan ibu balita di Desa Dagen. Berdasarkan hasil survei tersebut, ditemukan banyak ibu hamil yang mengalami anemia, atau kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. 

Melihat tingginya angka kejadian anemia pada ibu hamil di Desa Dagen, mahasiswa KKN Tim II Undip, Jasmine Yasyfa Nurdila Sirin, mengambil inisiatif untuk mengadakan penyuluhan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai pentingnya gizi seimbang, serta cara-cara pencegahan anemia. 

Kegiatan penyuluhan dilakukan oleh Jasmine Yasyfa yang dimulai pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh sekitar 20 ibu hamil dari berbagai dusun di Desa Dagen. Acara dibuka dengan sedikit sambutan dari Bu Sari selaku bidan di Desa Dagen.


Saat sesi penyuluhan, Jasmine Yasyfa memaparkan tentang pengertian anemia, dampak, penyebab, gejala dan tanda, upaya pencegahan dan penanganan, serta pemberian tablet tambah darah (TTD). Para peserta diberikan pengetahuan mengenai pentingnya menjaga asupan gizi yang seimbang selama kehamilan. Selain itu, dijelaskan pula pentingnya mengonsumsi TTD, serta cara mengoptimalkan penyerapannya dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Ibu hamil juga diajak untuk memperhatikan tanda-tanda anemia serta pentingnya melakukan pemeriksaan rutin ke bidan atau dokter kandungan.

Setelah sesi penyuluhan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, di mana para ibu hamil diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan seputar gizi dan kesehatan selama kehamilan. Pertanyaan yang diajukan mencakup topik seperti kapan waktu yang efektif untuk meminum TTD serta cara mengatasi mual saat mengonsumsi TTD.

Kegiatan penyuluhan diakhiri dengan foto bersama dan pemberian poster kepada Puskesmas Desa yang berisi informasi mengenai pencegahan anemia pada ibu hamil. Diharapkan dengan adanya penyuluhan ini, ibu hamil di Desa Dagen dapat lebih sadar akan pentingnya gizi selama kehamilan dan dapat menerapkan pola makan yang sehat untuk mencegah anemia.



Penulis : 
Jasmine Yasyfa Nurdila Sirin
Editor:
AChmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon