Nugget Sayur Ayam! Makanan Tambahan Untuk Menarik Minat Anak Picky Eater


Dokumentasi Program “Nugget Sayur Ayam! Pembuatan makanan tambahan 
berisi sayur dan dada ayam filet dalam bentuk nugget untuk menarik minat anak”


Campusnesia.co.idSapugarut, Buaran, Kabupaten Pekalongan. (05/08/20240) Pada zaman yang sudah cukup maju masih terdapat kasus stunting yang menjadi perhatian internasional. Stunting merupakan kasus dalam pertumbuhan anak yang terganggu sehingga memiliki tubuh kerdil. 

Kasus ini terjadi karena masalah gizi kronis pada bayi maupun ibu hamil. Berdasarkan hasil survei dan kader kesehatan di Sapugarut, angka stunting Sapugarut masih tergolong tinggi. Oleh karena itu, mahasiswa Universitas Diponegoro membuat program penurunan angka stunting dengan makanan tambahan. 

Program stunting yang berjudul “Nugget Sayur Ayam! Pembuatan makanan tambahan berisi sayur dan dada ayam filet dalam bentuk nugget untuk menarik minat anak” merupakan program  Atha Wahyuning Utami salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro dari program studi Sarjana Biologi yang telah menyelesaikan KKN TIM II di Kelurahan Sapugarut.

Nugget sehat ini mengandung sayur bayam, dada ayam filet, telur, wortel, dan tahu. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan yang mengandung gizi tinggi. Sayur bayam dipilih karena merupakan sayur dengan zat besi paling tinggi. Adonan dihaluskan kemudian dicampur menjadi satu dan dikukus dengan api sedang. Setelah matang, dipotong-potong dan dilumuri tepung panir serta di goreng. Proses pembuatan yang sederhana ini membuat nugget mudah ditiru oleh masyarakat. Respon masyarakat pun sangat positif 
 

“Resepnya enak sudah saya coba tadi pagi” ujar salah satu warga yang bertemu di suatu pertemuan setelah pembuatan nugget.

Semangat warga Kelurahan Sapugarut untuk menurunkan angka stunting tercermin dari terbukanya terhadap kegiatan mengenai kesehatan. Program pembuatan makanan tambahan untuk anak menjadi kunci awal menurunkan angka stunting pada Kelurahan Sapugarut. Program ini diikuti oleh ibu kader kesehatan, ibu hamil, dan ibu yang memiliki anak batita. 

Keberhasilan program ini membuktikan bahwa inovasi sederhana dapat memberikan dampak yang besar. Nugget sayur ayam tidak hanya menjadi contoh nyata bagaimana pengetahuan dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon