Nasionalisme Anak Bangsa Diguncang Perkembangan Zaman? : Penanaman Nilai-Nilai Moral Pancasila untuk Generasi Dini pada Jenjang Pendidikan Dasar di SD Negeri 1 Jetis

 


Campusnesia.co.id - Sukoharjo (17/08/2024) - Dewasa ini, Indonesia kian digempurkan dengan kemajuan zaman globalisasi dan digitalisasi. Dalam perkembangannya, nilai-nilai moral Pancasila menjadi semakin penting untuk ditanamkan pada generasi dini, khususnya di jenjang Pendidikan Dasar. Pancasila, sebagai ideologi bangsa Indonesia, bukan hanya sekadar landasan filosofis negara, tetapi juga menjadi pedoman hidup yang harus dihayati oleh setiap warga negara sejak usia dini.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 Desa Jetis, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo, Jonathan Benjamin Silalahi dari Program Studi S1-Ilmu Pemerintahan menggaungkan program edukasi “Penananaman Nilai-Nilai Moral Pancasila untuk Generasi Dini pada Jenjang Pendidikan Dasar” kepada siswa/i kelas 3 & 4 SDN 1 Desa Jetis, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo.

Pendidikan dasar merupakan tahapan awal dalam proses pembentukan karakter anak. Fase ini merupakan fase strategis bagi para anak untuk mengenal nilai-nilai luhur Pancasila dan dapat ditanamkan secara efektif. "Penanaman nilai-nilai Pancasila pada usia dini sangat krusial ya pada pembentukan karakter anak. Pendidikan karakter berbasis Pancasila akan menjadi fondasi yang kuat bagi generasi penerus dalam menghadapi tantangan masa depan." ungkap Jonathan.


Dalam pelaksanaannya, Jonathan memaparakan serta turut mencontohkan implementasi dari setiap sila yang terkandung dalam Pancasila. Interaksi dalam diskusi pun turut dimeriahkan dengan tanggapan siswa/i atas penerapan apa yang telah mereka lakukan. “Aku udah nerapin sila pertama, mas. Aku rajin shalat.” tutur seorang siswa saat menjawab dikala diskusi berlangsung.

Penanaman nilai-nilai moral Pancasila sudah sepatutnya menjadi prioritas atas pengetahuan dasar kepada siswa/i. Sekolah harus menjadi tempat yang tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, tetapi juga menjadi wahana pembentukan karakter yang kuat. Penanaman nilai-nilai tersebut juga akan menjadi dasar penguatan nasionalisme dan patriotisme anak muda bangsa.

Dengan demikian, generasi penerus bangsa akan tumbuh menjadi individu yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berakhlak mulia dan mampu berkontribusi positif bagi bangsa dan negara. “Harapannya adek-adek dapat terus menerapkan setiap nilai-nilai Pancasila tersebut sebagai bentuk warisan leluhur bangsa kita, ya." ujar Jonathan saat menyampaikan pesan penutup kepada siswa/i kelas 3&4 SDN1 Jetis.



Penulis : 
Jonathan Benjamin Silalahi 
(14010121140135)

DPL : 
Ir. Sulistyo, M.T., Ph.D.

Lokas : 
Desa Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon