Menyongsong Era Digital : Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Pembayaran PBB-P2 Lewat Tokopedia Sebagai Langkah Baru Menuju Perpajakan yang Modern




Campusnesia.co.idTemanggung (28/7/2024) Seiring dengan kemajuan teknologi, pemanfaatan digitalisasi dalam perpajakan muncul sebagai salah satu terobosan dalam sistem perpajakan modern. Transformasi ini menghadirkan solusi canggih yang menyederhanakan dan memudahkan proses administrasi pajak. Dengan sistem yang lebih terintegrasi dan berbasis teknologi ini, wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak seperti Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) melalui Aplikasi Tokopedia, sehingga dapat meningkatkan efisiensi tanpa harus mengunjungi kantor pajak. Langkah ini juga diharapkan dapat membuka peluang baru untuk penegakkan kepatuhan dalam pembayaran pajak oleh wajib pajak. 

Pembayaran PBB-P2 di Desa Muneng sendiri umumnya masih dilakukan secara kolektif kepada tujuh Kepala Dusun yang ada di Desa Muneng. Hal ini juga mengakibatkan kurangnya kesadaran dari masyarakat sendiri terkait pentingnya pembayaran PBB-P2 dengan tepat waktu. Bahkan, sebagian besar warga baru akan melakukan pembayaran PBB-P2 setelah musim panen kopi berlangsung. 

Oleh karena itu, salah satu Mahasiswa KKN Tim II Universitas Universitas Diponegoro, Khalisa Putri Fadillah dari program studi D4 Akuntansi Perpajakan, Fakultas Sekolah Vokasi berinisiatif untuk memperkenalkan salah satu fitur dari Aplikasi Tokopedia yang dapat digunakan untuk pembayaran PBB-P2 sebagai salah satu upaya untuk dapat mempermudah warga Desa Muneng untuk melakukan pembayaran PBB-P2 karena dapat dilakukan dari mana saja dan tersedia dalam bentuk pembayaran yang beragam. 


Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan pada Minggu, 28 Juli 2024 di rumah Bapak Legiyono selaku Kepala Dusun Tiparan, yang dihadiri oleh warga Dusun Tiparan. Adapun pelaksanaan Pendampingan Pembayaran PBB-P2  dan Tata Cara Pembayaran Melalui Aplikasi Tokopedia dimulai dengan pengenalan tentang PBB-P2, waktu pembayaran, hingga sanksi yang dapat dikenakan jika telat melakukan pembayaran PBB-P2. Setelah itu, disampaikan pula fitur Aplikasi Tokopedia sebagai alternatif yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran PBB-P2 beserta arahan tata cara penggunaannya. 

Kegiatan ini disambut oleh antusiasme dan respon positif dari masyarakat dengan kontribusi aktif dalam sesi bertanya dan mencoba untuk melakukan langkah pembayaran PBB-P2 dengan Aplikasi Tokopedia. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi dokumentasi dan foto bersama dengan masyarakat Dusun Tiparan yang hadir. Adapun kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan kedepannya pembayaran pajak PBB-P2 secara cepat, aman, dan nyaman tanpa harus menunggu panen kopi atau datang ke kantor pajak. Kemudahan ini juga diharapkan dapat mendorong lebih banya orang untuk membayar pajak tepat waktu, sekaligus mengurangi beban administratif bagi wajib pajak dan otoritas pajak. 



Penulis:
Khalisa Putri Fadillah
Mahasiswa Program Studi Akuntansi Perpajakan
Fakultas Sekolah Vokasi

Dosen Pembimbing Lapangan:
Dr. Drs. Suroto, M.Pd dan Dr. Kasiyati, S.Si, M.Si

Lokasi:
Desa Muneng, Kecamatan Candiroto
Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon