Menuju UMKM Sukses! Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana bagi Pelaku UMKM


Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana 
kepada Pemilik UMKM Rujak Bunda Mimi


Campusnesia.co.id - Pekalongan (26/07/2024) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 di Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan memberikan pelatihan pembukuan keuangan sederhana bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pelatihan ini merupakan salah satu program kerja monodisiplin yang dilaksanakan oleh Jovinca Anggi Dimar Kristanti dari Jurusan Akuntansi Perpajakan yang dilaksanakan pada Jumat, 26 Juli 2024 sampai Minggu, 28 Juli 2024 dan ditujukan bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Kepatihan.

Pembukuan keuangan sederhana adalah proses pencatatan semua transaksi keuangan yang dilakukan oleh sebuah usaha pada periode tertentu. Melalui pembukuan keuangan, pelaku UMKM dapat mengelola keuangan usaha dengan lebih baik, mengambil keputusan yang lebih tepat, dan meningkatkan peluang keberhasilan usaha. Oleh sebab itu, pelaku UMKM hendaknya melakukan pembukuan agar dapat mengontrol arus kas usahanya. Namun, beberapa pelaku UMKM di Kelurahan Kepatihan belum memahami pentingnya memiliki pembukuan keuangan sehingga belum pernah melakukan pembukuan keuangan untuk usahanya. Selain itu, para pelaku UMKM di Kelurahan Kepatihan juga masih sering mencampur keuangan pribadi dengan keuangan usaha sehingga tidak mengetahui pasti apakah usahanya mengalami untung atau rugi. 

Berdasarkan kondisi tersebut, pelatihan pembukuan keuangan sederhana bagi pelaku UMKM di Kelurahan Kepatihan dirasa sangat dibutuhkan. Pembukuan keuangan sederhana dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan aplikasi. Pada pelatihan kali ini, pelaku UMKM dilatih agar mahir melakukan pembukuan sederhana dengan menggunakan buku kas. Pelatihan dilakukan secara door to door ke beberapa pelaku UMKM di Kelurahan Kepatihan, antara lain pemilik UMKM Serabi Family, Rissolescious, Rujak Bunda Mimi, Sale Pisang, dan Barbershop. Pelatihan diawali dengan memberikan edukasi tentang pentingnya suatu UMKM memiliki pembukuan keuangan lalu dilanjutkan dengan memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM untuk mencoba melakukan pembukuan keuangan dengan mencatat arus kas masuk dan arus kas keluar menggunakan buku kas serta menghitung laba/rugi usaha pada periode tertentu.

Program kerja pelatihan pembukuan keuangan sederhana ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para pelaku UMKM di Kelurahan Kepatihan. Adanya antusiasme yang tinggi dari para pelaku UMKM yang ditunjukkan dengan pelaku UMKM yang mau mencoba mempraktikkan langsung pembukuan keuangan dengan menggunakan buku kas. Luaran dari program kerja ini yaitu berupa leaflet yang berisi panduan melakukan pembukuan keuangan sederhana dan memberikan buku kas kepada pelaku UMKM agar dapat dimanfaatkan untuk mencatat arus kas.

Melalui pelatihan pembukuan keuangan sederhana ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam mengelola keuangan usaha dengan baik sehingga nantinya dapat mengambil keputusan usaha dengan tepat. Selain itu, pelaku UMKM juga dapat selalu mengetahui laba/rugi usaha dengan pasti sehingga usaha yang dimiliki dapat terus berkembang dan berdaya saing dalam menghadapi tantangan pasar.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon