Menuju Desa Digital: Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Pendampingan Pembaruan Website Desa Jambewangi

Pendampingan Pengelolaan Website Desa 
kepada Perangkat Desa 
(Foto Dok: KKN TIM II UNDIP 2024)


Campusnesia.co.id - Kabupaten Magelang (15/08/2024) - Dalam era digital seperti sekarang ini, website desa sangat dibutuhkan sebagai salah satu sarana dalam penyampaian informasi terkini mengenai desa kepada masyarakat luas. Desa Jambewangi sebetulnya telah mempunyai website desa yang terhubung langsung dengan SID (Sistem Informasi Desa). Namun, informasi yang terdapat dalam website sangat amat jarang diperbarui. Hal ini dikarenakan kurangnya sumber daya manusia untuk menghidupkan kembali website desa tersebut. 

Oleh karena itu, Wa Ode Alyatalatthaf Salsabilah Arafatputri , mahasiswa KKN Undip melaksanakan program kerja yang berjudul “Pendampingan Pembaruan Website Desa Jambewangi”. Program ini bertujuan agar perangkat desa dapat melakukan pembaruan dan mengelola website desa dengan baik. Akan tetapi, karena alasan data kependudukan yang bersifat privasi, maka luaran program yang berbentuk modul lebih difokuskan pada panduan mengenai cara penggunaan fitur artikel. 

 
Penyerahan Modul Pengelolaan Website Desa 
kepada Perangkat Desa (
Foto Dok: KKN TIM II UNDIP 2024)

Program ini diawali dengan penggalian informasi mengenai sistem website desa yang ada pada Kabupaten Magelang, lalu dilanjutkan dengan pendampingan kepada perangkat desa yang memiliki akses sebagai administrator. Program ini diakhiri dengan penyerahan modul yang berisi cara penggunaan fitur artikel pada website desa. Harapan kedepannya website Desa Jambewangi dapat dikelola berkelanjutan dan dapat memberikan informasi terkini mengenai Desa Jambewangi.




Penulis: 
Wa Ode Alyatalatthaf Salsabilah Arafatputri

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si

Lokasi KKN: 
Desa Jambewangi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon