Menjaga Kehidupan Laut: Mahasiswa KKN Tim II Undip Melakukan Sosialisasi Mengenai Biota Laut yang Dilindungi

 


Campusnesia.co.idSidorejo, Pekalongan (26/07/2024), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Tim II Tahun 2023/2024 melakukan kegiatan sosialisasi Pemecahan Masalah Terhadap Ancaman Biota Laut yang Dilindungi kepada siswa/siswi SMPN 2 Kecamatan Tirto, Desa Sidorejo, Pekalongan, Jawa Tengah. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa/siswi SMPN 2 Kecamatan tirto untuk meningkatkan kesadaran akan biota laut yang dilindungi.  

Lautan kita adalah rumah bagi berbagai biota yang sangat penting untuk keseimbangan ekosistem. Banyak spesies laut yang kini terancam punah karena berbagai faktor, seperti pencemaran, penangkapan ikan yang berlebihan, dan perubahan iklim. Upaya perlindungan terhadap biota laut yang terancam punah menjadi krusial untuk memastikan keberlanjutan ekosistem laut dan manfaatnya bagi generasi mendatang. Hal ini yang melatar belakangi mahasiswa KKN Undip untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga ekosistem dan biota laut.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat. Mahasiswa KKN Undip menyampaikan beberapa materi dengan menggunakan poster infografis biota laut yang dilindungi serta melalui media powerpoint terkait keanekaragaman hayati laut, faktor penyebab biota laut punah, upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga biota laut. Setelah pemaparan materi selesai dilakukan sesi tanya jawab dan bermain games bersama. 

Sosialisasi yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip diharapkan dapat menambah pengetahuan dan membentuk pemahaman serta kesadaran siswa siswi SMPN 2 Kecamatan Tirto untuk melindungi menjaga dan melindungi biota laut yang dilindungi dan terancam punah. 



Penulis : 
Rheyhan Adwimadiputra
Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon