Mengungkap Ancaman Banjir : Pembuatan Peta Kerawanan Banjir dan Peta Curah Hujan Sebagai Strategi Mitigasi Bencana Berbasis Data

 

Gambar 1. Proses Pemaparan 


Campusnesia.co.idBanjir Rob merupakan salah satu bencana alam yang setiap harinya melanda Desa Blacanan. Dimana efek dari bencana ini yaitu merusak infrastruktur, mengganggu aktivitas ekonomi, serta menimbulkan risiko kesehatan. Menyadari potensi resiko bencana banjir yang masih mengintai, terutama mengingat lokasi geografis dari Desa Blacanan, Vanessa merasa terpanggil untuk memanfaatkan keilmuan geologinya dengan membuat Peta Kerawanan Banjir dan Peta Curah Hujan Desa Blacanan. 

Pemetaan dan pembuatan peta kerawanan banjir dan peta curah hujan adalah langkah krusial dalam mitigasi bencana banjir dan merupakan proses identifikasi analisis area yang berisiko tinggi mengalami banjir berdasarkan berbagai faktor seperti topografi, penggunaan lahan, dan curah hujan. Dengan memanfaatkan data geospasial dan meteorologi, maka dapat mengidentifikasi risiko dan merancang strategi yang efektif untuk mengurangi dampak banjir.

“Melihat keadaan dari Desa Blacanan yang sangat memprihatinkan, saya sangat bersemangat untuk membuat Peta Kerawanan Banjir dan Peta Curah Hujan Desa Blacanan sebagai salah satu solusi mitigasi bencana”, ungkap Vanessa dengan semangat. 

Peta ini dibuat dengan melakukan pemetaan, processing, analisis menggunakan software serta evaluasi data. Vanessa juga menyajikan peta dalam bentuk digital dan hardfile berukuran A0 yang diserahkan kepada perangkat desa untuk melengkapi administrasi pada web Desa Blacanan dan Balai Desa Blacanan. 


Gambar.2 Foto Saat Proses Penempelan Hasil Peta 


Setelah peta selesai dibuat, Vanessa melakukan pemaparan terkait hasil peta tersebut dan juga memberikan edukasi terkait ruang lingkup kebencanaan banjir serta bagaimana kondisi geografis dari Desa Blacanan berdasarkan analisis keilmuan yang dibutuhkan. Kepala Desa Blacanan menyambut baik kegiatan edukasi yang dilakukan oleh Vanessa dan menerima hasil peta yang sudah dibuat “ Berdasarkan edukasi yang sudah dipaparkan dan penjelasan terkait hasil analisis peta, kami merasa sangat terbantu untuk mengetahui bagaimana sebenarnya keadaan dari Desa Blacanan, Peta ini membantu kami dalam mengambil langkah-langkah preventif untuk mengurangi dampak banjir dan meningkatkan kesadaran akan tingginya resiko bencana banjir” ujarnya. 

Kegiatan edukasi dan pembuatan peta yang dilakukan Vanessa menjadi salah satu bukti nyata dari keilmuan yang didalami untuk membantu pengembangan Desa Blacanan. Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2024 Desa Blacanan. 



#kknundiptim2 #p2kknundip #lppmundip #undip #teknikgeologi #peta

DPL :  
• Asep Setiaji, S.Pt., M.Si., Ph. D.
• Ichlasul Ayyub, S.S., M.Si
• Dr. Hari Susanta Nugraha, S.Sos., M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon