Mengubah Limbah Menjadi Laba: Bagaimana Minyak Jelantah Bisa Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Lewat Lilin Aromaterapi?



Campusnesia.co.id - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang telah sukses menyelenggarakan kegiatan edukasi dan pelatihan mengenai pemanfaatan limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi di Desa Dlimas, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada Ibu-ibu PKK yang terdapat di Desa Dlimas RT 01 agar bisa memanfaatkan limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi agar bisa mendapatkan laba dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Dlimas. 

Terdapat permasalahan lingkungan dan ekonomi di Desa Dlimas, di mana limbah minyak jelantah sering kali menjadi masalah, sementara peluang usaha bagi ibu-ibu rumah tangga masih terbatas. Dengan inovasi ini, minyak jelantah dapat diolah menjadi lilin aromaterapi yang memiliki nilai jual tinggi.

Edukasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan baru kepada ibu-ibu RT 01 dalam memanfaatkan limbah rumah tangga menjadi produk yang dapat dijual. Diharapkan, keterampilan ini dapat membuka peluang usaha baru dan meningkatkan pendapatan keluarga. Pada saat kegiatan berlangsung, Ibu-Ibu yang terdapat di RW 01 Desa Dlimas sangat antusias mengikuti setiap tahapan pelatihan pada saat pembuatan lilin aromaterapi, mulai dari penyaringan minyak jelantah, pencampuran bahan, hingga pencetakan lilin aromaterapi. 

Pelatihan pemanfaatan minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat Desa Dlimas. Selain itu juga, dapat membantu ekonomi lokal dengan membuat lilin aromaterapi, dengan memanfaatkan limbah minyak jelantah menjadi produk lilin aromaterapi tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga dapat memberikan keuntungan secara ekonomi dan meningkatkan penghasilan masyarakat Desa Dlimas. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon