Menghidupkan Sejarah Masjid Kaliyoso melalui Poster oleh Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro




Campusnesia.co.id - Jetiskarangpung, 2024 - Masjid Jami’ Kaliyoso merupakan masjid yang bersejarah di Kabupaten Sragen. Masjid Jami’ Kaliyoso masih memiliki hubungan Keraton Surakarta Hadiningrat. Selain memiliki hubungan dengan keraton, masjid ini juga pusat penyebaran agama Islam di Solo Utara. 

Untuk melestarikan ilmu mengenai sejarah masjid, maka perlu dilakukan dokumentasi dan penyebaran informasi agar masyarakat menjadi tahu akan sejarah yang ada di sekitar. Masjid Jami’ Kaliyoso belum memiliki pengenal yang dapat digunakan agar pengunjung dapat mengetahui bahwa masjid tersebut penting dan bersejarah. Ini menyebabkan beberapa pendatang yang mengunjungi masjid tersebut.
 
Dari permasalahan tersebut maka Anggota tim KKN Tim II Universitas Diponegoro 2024, Harda Adela Dwitita dari Jurusan Ilmu Perpustakaan melalui Program Kerja Monodisiplin pembuatan Poster Sejarah Masjid Jami’ Kaliyoso. 

 
Kegiatan ini di mulai dengan riset melalui internet, lalu melalui wawancara dari salah satu warga asli Desa Jetiskarangpung yang merupakan salah satu dari trah dari Kyai Abdul Djalal, Rohmat Dwi Basuki. Setelah mengumpulkan cukup bahan, kegiatan selanjutnya adalah menyusun storyboard dan mengambil foto-foto yang diperlukan. Lalu, setelah bahan-bahan yang akan ditampilkan sudah semua, maka langkah selanjutnya adalah desain poster. Lalu poster tersebut diserahkan kepada pengurus Remaja Masjid Jami’ Kaliyoso.

Mading ini mendapatkan respon positif dari pengurus Remaja Masjid Jami’ Kaliyoso. Poster tersebut ditempelkan ke Papan Informasi yang ada di bagian serambi masjid. Adanya Majalah Dinding Sejarah Masjid ini, diharapkan dapat menjadi pusat edukasi bagi pengunjung atau masyarakat sekitar mengenai sejarah masjid Jami’ Kaliyoso Jogopaten. 



Referensi:
Rahmat Dwi Basuki diwawancari oleh Harda Adela Dwitita, 23 Juli 2024, Kabupaten Sragen


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon