Mengenalkan Pesona Desa Ngaglik: KKN TIM II Undip Berdayakan Perangkat Desa Melalui Video Branding Kreatif



Campusnesia.co.idNgaglik, Boyolali (19/08) - Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 melaksanakan kegiatan branding potensi wisata desa kepada perangkat desa Ngaglik. Kegiatan meliputi pemberian edukasi tentang keterampilan berbicara, pengelolaan SDM dalam mengelola desa wisata, program menulis kreatif untuk desa, strategi sanitasi lingkungan desa wisata, pelatihan editing untuk publikasi, inventarisasi potensi wisata Desa Ngaglik, edukasi dan pendampingan pengelolaan keuangan untuk desa wisata pada perangkat desa, serta pembuatan video branding. 

Desa Ngaglik memiliki potensi wisata diantaranya, sumur air asin dan Goa Rancang Kencono, dimana potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh desa ini belum banyak diketahui oleh orang luar. Sumur air asin disebut Klakahan dahulu sumur ini digunakan untuk pembuatan garam. Sedangkan Goa Rancang Kencono sampai sekarang masih sering digunakan untuk bertapa. Dengan adanya potensi wisata yang dimiliki desa Ngaglik ini, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 yang terdiri dari Amalia Putri, Sofie Puji, Verena Suci Kurniati, Naufal Arya Ramadhan, Faiza Faradilla, Triyanti Wahyuningsih, dan Julio Ignatius berupaya memberikan edukasi dan pelatihan bagi perangkat desa untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Desa Ngaglik.

Program kerja ini diawali dengan wawancara beberapa pertanyaan kepada perangkat desa kemudian dilanjutkan dengan observasi dan survei potensi wisata yang ada di Desa Ngaglik. Selanjutnya inventarisasi semua potensi wisata yang ditawarkan Desa Ngaglik. Setelah inventarisasi dilanjutkan dengan pembuatan konsep video.

Setelah konsep selesai direncanakan kemudian memasuki pengambilan video. Dalam proses pengambilan video Tim II KKN Undip bekerjasama dengan komunitas offroad Vitara. Perjalanan pengambilan video menggunakan mobil jeep dimulai dari Dusun Suren, kemudian melewati tambang batu, Goa Rancang Kencono, sumur air asin, tambang pasir, dan terakhir di Hutan Jati. Selanjutnya, proses pengeditan video dan penguploadan video di media sosial Instagram. Upload konten video ini juga bekerja sama dengan akun Instagram @oscaryourt.

 

Mahasiswa KKN Undip juga tidak lupa memberikan beberapa luaran program kerja seperti leaflet dan poster yang kemudian diserahkan kepada perangkat desa. Dengan adanya program kerja ini perangkat desa berharap agar Ngaglik semakin dikenal oleh masyarakat luas terutama potensi wisatanya seperti Sumur air asin dan juga Goa Rancang Kencono sehingga nantinya dapat dimanfaatkan dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.
 



Penulis:
Verena Suci Kurniati, S1-Administrasi Publik (2024), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro

Amalia Putri Widiyanti, S1-Psikologi (2024), Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro

Naufal Arya Ramadhan, S-1 Informatika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro

Faiza Faradilla, S-1 Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro

Julio Ignatius, S1-Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro

Sofie Puji Hayati, S-1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro

Triyanti Wahyuningsih, S-1 Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : 
Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum

Lokasi : 
Desa Ngaglik, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon