Mengenal Sistem Jalur Evakuasi: Mahasiswa KKN Undip Tim II Sosialisasi Mengenai Jalur Evakuasi dan Pemberian Safety Sign

Penjelasan Jalur Evakuasi kepada Siswa SDN Sidorejo

Campusnesia.co.idSidorejo, Kec. Tirto, Kab. Pekalongan (31/07/2024) - Di lingkungan sekolah dasar (SD), keselamatan siswa adalah prioritas utama. Salah satu aspek krusial dalam menjaga keselamatan adalah adanya jalur evakuasi yang efektif. Jalur evakuasi adalah rute yang telah ditentukan untuk mengeluarkan siswa dan staf dari area berbahaya selama keadaan darurat. Meskipun mungkin terdengar sederhana, perencanaan dan implementasi jalur evakuasi memerlukan perhatian yang cermat untuk memastikan keselamatan semua orang di sekolah.

Saat melaksanakan KKN di Desa Sidorejo, Mahasiswa KKN UNDIP Tim II melakukan survei untuk mengidentifikasi potensi-potensi maupun permasalahan yang dimiliki oleh desa tersebut. Dalam proses survei, mereka menemukan bahwa salah satu masalah yang dapat dikembangkan di Desa Sidorejo adalah belum adanya safety sign pada SDN Sidorejo. Melihat hal ini, salah satu anggota tim, Nicholas Saputra Ambarita , memutuskan untuk mengunjungi SDN Sidorejo tersebut dan berinteraksi langsung dengan Kepala Sekolah SDN yaitu Bu Udin.
Dalam perbincangannya dengan Bu Sarotun, terungkap bahwa di SDN Sidorejo belum terdapat Safety Sign. Namun, ada satu hal yang mengkhawatirkan Nicholas .di desa Sidorejo terdapat bencana yang cukup sering terjadi yaitu banjir.

Menyadari pentingnya meningkatkan kesadaran akan jalur evakuasi, Nicholas  mengambil inisiatif untuk memberikan penyuluhan kepada siswa siswi di SDN Sidorejo. Ia menggunakan power point edukatif yang berisi informasi mengenai bencana alam dan bagaimana cara evakuasi Ketika terjadi bencana, termasuk arti dari safety sign, serta tindakan-tindakan yang harus diambil saat terjadi bencana. Melalui pendekatan ini, Nicho  berharap dapat membantu SDN Sidorejo memahami bencana alam yang ada dan mendorong untuk lebih memahami pentingnya jalur evakuasi.

Tidak berhenti di Sosialisasi, Nicho juga memberikan kontribusi nyata dengan menyumbangkan dan memasang safety sign (safety gloves) di SDN Sidorejo. Safety Sign ini diharapkan dapat membantu SDN Sidorejo Ketika terjadi bencana, sehingga risiko cedera maupun korban jiwa dapat diminimalisir. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran mengenai jalur evakuasi, sekaligus memberikan contoh nyata akan pentingnya penggunaan Safety Sign.
 
Pemasangan Titik Berkumpul Bencana di SDN Sidorejo

Dengan demikian, melalui Sosialasi dan penyuluhan yang dilakukan Nicho , diharapkan ada wawasan tentang pentingnya safety sign di SDN Sidorejo Desa Sidorejo. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa KKN UNDIP Tim II terhadap pentingnya jalur evakuasi dan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui edukasi yang berkelanjutan.



Penulis : 
Nicholas Saputra Ambarita 
(Teknik Perkapalan - 21090121140082)

DPL : 
Septrial Arafat, S.P., M.P.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon