Mengenal Desa Lebih Dekat, Mahasiswa Tim II KKN UNDIP 2024 melakukan Peningkatan Pengetahuan dan Pembaruan Monografi serta Demografi Desa Morobongo



Campusnesia.co.id -  Temanggung (15/08/2024) – Desa Morobongo merupakan desa yang berada di kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Luas desa yang mencapai 151 hektar ini, terdiri atas 4 dusun, yaitu Dusun Morobongo, Pandean, Blimbing, dan Dusun Pranggongan Nerasi. Desa Morobongo berbatasan langsung dengan Dusun Ketipang di sebelah utara, Dusun Gandu Wetan di sebelah selatan, Dusun Ngaren di sebelah barat, dan Dusun Karangtejo di sebelah timur. 

Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro 2024 dengan berpegang kepada visi dan misi pengabdian kepada desa, melakukan program kerja monodisiplin, salah satunya adalah peningkatan pengetahuan dan pembaruan monografi serta demografi Desa Morobongo. Program multidisiplin mengenai pendataan penduduk tersebut, bertujuan untuk memperbarui data demografi penduduk desa morobongo, baik dalam aspek jumlah penduduk, tingkat pendidikan masyarakat, pekerjaan, kesehatan (status penggunan program keluarga berencana) dan pertaniaan meliputi irigasi persawahan (irigasi setengah teknis dan sederhana) penduduk Desa Morobongo.
 
Pendataan penduduk dimulai dengan mengunjungi setiap rumah dan mendata anggota keluarga di setiap rumah-rumah atau dusun-dusun tersebut, dalam pendataan dibagi kedalam 3 tim yang bertugas di masing-masing dusun untuk memudahkan proses pendataan penduduk. Tim pertama yang beranggotakan Irfan Maulana (Teknik Industri), Ann Evelin Rahajeng (Sastra Indonesia), dan Aaron Wu (Agribisnis). Kemudian, tim kedua diisi oleh Sadrina Altafh Nurhasna (Kedokteran), Rahma Ayuning Tyas Aviantri (Ilmu Pemerintahan), dan Aziematul Munawaroh (Akuntansi Perpajakan). Selanjutnya, tim ketiga beranggotakan Valentinus Aryo Saputro (Teknik Komputer), Rafi Taufiqulhakim (Administrasi Bisnis), dan Athaya Dzahabiyyah Najmi P. I. (Statistika).

Program pemerintah dalam mencapai pembangunan berkelanjutan, yaitu Sustainable Development Goals (SDG’s) sedang digencarkan pada semua aspek. Salah satu hal yang dapat mendukung adanya pembangunan berkelanjutan tersebut adalah tersedianya data yang sesuai dengan kondisi wilayah. Tim II KKN UNDIP 2023/2024 Desa Morobongo, Universitas Diponegoro, didampingi oleh dosen pembimbing lapangan Sukiswo, S.T., M.T., membuat infografis kependudukan untuk mnegevaluasi kondisi kependudukan, pendidikan, kemiskinan, dan indikator SDG’s yang lain. Pendataan yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi bahan kajian maupun masukan dalam pembuatan kebijakan dalam pemberdayaan untuk pembangunan yang berkelanjutan.


Hasil pendataan dimulai dari jumlah penduduk berdasarkan kelompok umur yang kemudian dihasilkan dalam bentuk grafik penduduk, data pendidikan terakhir dari seluruh warga, pekerjaan warga, kesehatan (Status penggunan program keluarga berencana) dan dari pertaniaan meliputi irigasi persawahan (irigasi setengah teknis dan sederhana), hingga fasilitas prasarana desa Morobongo yang tersedia. Data yang terkumpul kemudian disajikan dan disusun dalam bentuk infografis kependudukan. Luaran infografis kependudukan ini kemudian diserahkan kepada pihak Desa Morobongo untuk selanjutnya dapat dijadikan bahan kajian atau masukan dalam pembuatan kebijakan dalam pemberdayaan untuk pembangunan berkelanjutan. 



Penulis: 
Sadrina Altafh Nurhasna  (NIM-Kedokteran), 
Valentinus Aryo Saputro (21120121140100 – Teknik Komputer)

Lokasi: 
Desa Morobongo, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung

Dosen Pembimbing Lapangan : 
Sukiswo, S.T., M.T.

Editor:
Achmad Munanda

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon