Mendekati 17 Agustus, Mahasiswa Sejarah Undip Lakukan Edukasi Pahlawan Nasional Kepada Anak Sekolah Dasar

Nalendro bersama salah satu siswa SD Negeri Tegalrejo, 
Kamis (8/8) Dok. Pribadi



Campusnesia.co.idTemanggung, 8 Agustus 2024 - Nalendro Adi Wardana, Mahasiswa Program Studi S1 Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro melakukan edukasi pengenalan pahlawan nasional dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke 79, tepatnya pada 17 Agustus 2024. Kegiatan ini adalah bagian dari Kuliah Kerja Nyata Tim II Universitas Diponegoro.  Program edukasi ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo, Kec. Bulu, Kab. Temanggung yang berlangsung pada pukul 08.45-10.30 WIB. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memahami sejarah sejak Sekolah Dasar, khususnya kisah-kisah pahlawan. Hal ini karena kisah perjuangan memiliki nilai-nilai moral dan etika yang merepresentasikan pengorbanan dan tanggung jawab. Sejalan dengan itu, belajar mengenai pahlawan dapat membuat siswa mengapresiasi proses menuju kemerdekaan yang saat ini dirasakan dan meningkatkan rasa nasionalisme sejak dini. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa sebagai generasi penerus bangsa tidak hanya mengetahui peristiwa sejarah namun juga menanamkan kesadaran pentingnya sejarah bagi bangsa dan negara.

Kegiatan edukasi sejarah dilakukan melalui pembagian booklet pahlawan yang dilengkapi dengan visual menarik. Hal ini bertujuan agar siswa Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo menikmati proses pengajaran yang dilaksanakan dan memudahkan siswa untuk meningkatkan antusias siswa dalam melihat dan mempelajari isi booklet tersebut. Siswa Sekolah Dasar cenderung lebih mudah mengingat informasi dalam bentuk gambar daripada teks. Disamping itu, visual yang menarik akan merangsang rasa ingin tahu siswa dan mendorong siswa untuk bertanya agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon