Membentuk Generasi Sehat: Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Kalangan Anak-Anak




Campusnesia.co.id - Gumawang, Pekalongan (26/07/2024) - Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mengedukasi generasi muda tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), mahasiswa KKN Undip yang bernama Nadhia Restu Prayoga melaksanakan program kerja mengenai implementasi perilaku hidup bersih dan sehat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, membantu anak-anak untuk mengadopsi kebiasaan sehat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Program ini dilaksanakan pada tanggal 26-27 Juli, dengan memberikan pemahaman tentang PHBS pada anak-anak di Kelurahan Gumawang. Materi yang disampaikan mencakup pentingnya cuci tangan yang benar, rutin berolahraga, pola makan sehat, serta sikat gigi yang baik dan benar. Adapun pembiasaan minum air putih, membawa bekal makanan sehat, serta menyikat gigi yang baik dan benar sebagai bentuk implementasi dari pemahaman yang telah diberikan. Selain itu, juga terdapat pembuatan dan pendistribusian materi edukatif berbentuk standing banner tentang PHBS yang ditempatkan di lokasi strategis di sekolah.

Berkaitan dengan hal tersebut, Nadhia selaku mahasiswa KKN Undip mengatakan “Melaksanakan program ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Melihat antusiasme dan respon positif anak-anak dalam mengikuti kegiatan memberikan kebanggaan tersendiri. Saya merasa kegiatan ini bukan hanya tentang menyampaikan informasi, tetapi juga tentang membangun hubungan yang kuat dengan anak-anak di Kelurahan Gumawang.”
 

Kegiatan ini menunjukkan hasil yang positif dengan pemahaman anak-anak yang meningkat. Mereka meakukan pembiasaan, berupa mencuci tangan sebelum makan, membawa bekal  makanan sehat, dan menunjukkan kesadaran yang lebih tinggi tentang pentingnya kebersihan pribadi. Melalui berbagai aktivitas edukatif dan partisipasi masyarakat, diharapkan bahwa kebiasaan sehat ini akan terus berkembang dan berdampak positif pada kesehatan komunitas secara keseluruhan.

Melalui program ini, Nadhia berharap agar kebiasaan sehat yang telah diajarkan dapat terus dipraktikkan oleh anak-anak dan menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari mereka. Saya juga berharap agar orang tua dan masyarakat tetap mendukung dan meneruskan pesan-pesan kesehatan ini, sehingga perubahan yang positif ini dapat bertahan lama dan memberikan dampak yang lebih luas. Program ini juga mengajarkan saya tentang pentingnya kolaborasi dan keterlibatan aktif dalam setiap kegiatan kesehatan masyarakat. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar:

  1. keren banget kak nadhia, emang anak2 jaman sekarang harus selalu dipupuk PHBS nya

    BalasHapus
  2. kegiatannya seru banget!!! pasti anak anaknya seru seru dan asikkk! semangat ya KKN Undip dan kak Nadhiaa

    BalasHapus
  3. itu mc pas gosok gigi siapa kak

    BalasHapus
  4. masyaallah semoga sukses selalu kak nadhia

    BalasHapus

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon