Membangun Kesadaran: Mahasiswa KKN Undip Edukasi Kader Kesehatan dalam Upaya Pencegahan Demam Berdarah




Campusnesia.co.idPekalongan (19/07/2024). Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang menjadi ancaman kesehatan masyarakat di Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Di tengah meningkatnya kasus DBD di berbagai daerah, upaya pencegahan menjadi sangat krusial. Dalam rangka membantu mengatasi masalah ini, mahasiswa KKN Undip yang bernama Nadhia Restu Prayoga melaksanakan program kerja mengenai edukasi kepada kader kesehatan dalam upaya pencegahan DBD. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kader kesehatan mengenai penyebab, gejala, dan langkah-langkah pencegahan DBD.

Materi pada program ini mencakup pengenalan penyakit DBD, gejala umum DBD, dan strategi pencegahan seperti pengendalian lingkungan dan penggunaan produk anti-nyamuk. Selain kader kesehatan, kegiatan ini juga melibatkan penyuluhan langsung kepada ibu-ibu Kelurahan Gumawang tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Materi tersebut dikembangkan melalui materi edukasi berupa leaflet sebagai media informasi yang menjelaskan cara-cara pencegahan DBD yang dapat dilakukan di rumah masing-masing.

Program tersebut terlaksana dengan baik dan mendapatkan respon yang baik pula dari para peserta. Menanggapi hal tersebut, Nadhia mengatakan, “Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini untuk bisa berkontribusi langsung dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di Kelurahan Gumawang. Selama pelaksanaan program, saya melihat antusiasme dari kader kesehatan. Mereka sangat terbuka untuk belajar dan menerapkan pengetahuan yang diberikan.”

 
Program edukasi ini telah memberikan dampak positif bagi kader kesehatan di Kelurahan Gumawang kini memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pencegahan DBD dan dapat menyebarkan informasi ini kepada masyarakat. Keterlibatan aktif kader kesehatan dalam program ini berkontribusi besar terhadap peningkatan kesadaran dan tindakan preventif di tingkat komunitas. Selain itu, pemahaman yang diperoleh selama program ini akan berlanjut dan terus diterapkan untuk melindungi kesehatan masyarakat dari DBD.

Dengan melibatkan kader kesehatan dan masyarakat secara aktif, program ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan tetapi juga menciptakan perubahan positif dalam upaya pencegahan Demam Berdarah Dengue di Kelurahan Gumawang. Nadhia berharap agar pengetahuan dan keterampilan yang telah dibagikan selama program ini benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta kader kesehatan dan masyarakat dapat terus berkolaborasi dalam upaya pencegahan DBD.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar:

  1. demam berdarah tuh mewabah banget kak. jadi infonya informatif banget dalam membantu indonesia memberantas DB

    BalasHapus
  2. Keren banget kakakkk, ini bisa membantu ibu ibu semua buat lebih awas dan waspada sama populasi nyamuk dan dampaknya!!

    BalasHapus
  3. subhanallah keren sekali kak nadhiaa

    BalasHapus

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon