Melalui Buku Warung, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023/2024 Dukung Digitalisasi Pembukuan UMKM di Kelurahan Sapugarut




Campusnesia.co.idPekalongan (31/07/24) - Dalam rangka meningkatkan literasi digital dan manajemen keuangan di kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri melakukan sosialisasi digitalisasi pembukuan dengan aplikasi BukuWarung. Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Mandiri dan dihadiri oleh puluhan pelaku UMKM setempat.

Salah satu pemanfaatan teknologi digital untuk pembukuan yang lebih efektif dan efisien adalah dengan Program Digitalisasi Pembukuan di Sektor UMKM. Program ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu pencatatan pembukuan dan menciptakan ekosistem digital bagi pelaku UMKM. Melalui program digitalisasi pembukuan di sektor UMKM, pembukuan akan lebih maksimal dengan meminimalisir kesalahan pencatatan.

Dalam Upaya membantu pengembangan di Kelurahan Sapugarut, KKN Afif Bilal Febrian Utomo (Akuntansi Perpajakan 2021) dari Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi mengenai digitalisasi pembukuan di sektor UMKM melalui aplikasi Buku Warung. Buku Warung merupakan sebuah platform digital yang dirancang untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mengelola pembukuan mereka secara mudah dan efisien. Aplikasi ini memungkinkan para pengusaha untuk mencatat transaksi, melacak utang-piutang, membuat laporan keuangan, serta mengatur stok barang secara digital. BukuWarung juga menyediakan fitur pengingat pembayaran dan memungkinkan pengguna untuk mengirimkan tagihan melalui SMS atau WhatsApp, memudahkan para pemilik usaha dalam mengelola keuangan mereka tanpa perlu menggunakan metode manual yang memakan waktu.

Target sasaran dari program kegiatan ini adalah 3 (tiga) UMKM di wilayah Kelurahan Sapugarut, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Program ini dilaksanakan pada hari Rabu (31/07) dengan metode door - to – door dan penyampaian materi melalui leaflet kreatif yang telah disususn dengan dengan memuat beberapa informasi penting seperti cara membuat akun, fitur-fitur yang terdapat di Buku Warung, kelebihan Buku Warung, dll. 

Pelaksanaan program ini mendapat respon positif dan antusias dari para pelaku UMKM yang belum pernah mencoba Buku Warung dan baru mengetahui jika ada aplikasi yang membantu pembukuan. Melalui sosialisasi ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Sapugarut. 

Program KKN ini merupakan wujud nyata dari peran serta mahasiswa dalam memberdayakan masyarakat melalui penguasaan teknologi. Dengan keberhasilan kegiatan ini, diharapkan lebih banyak UMKM yang terlibat dalam digitalisasi, sehingga mampu bersaing lebih baik di pasar yang semakin kompetitif.


Mahasiswa KKN Tim 2 UNDIP 2023/2024

Penulis : 
Afif Bilal Febrian Utomo
40011421650211

Fakultas Sekolah Vokasi

DPL : 
Mujiono Hafidh Prasetyo, S.H., M.H., LL.M.

Lokasi KKN : 
Kelurahan Sapugarut, Kecamatan Buaran
Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon