Matematika Itu Mudah! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Mengenalkan Metode Perkalian Yang Asyik Menggunakan Batang Napier


Pengenalan Batang Napier kepada 
Siswa Kelas 3 SD Negeri 04 Jrakah


Campusnesia.co.idPemalang (29/07). Mahasiswa KKN TIM II UNDIP yang ada di Desa Jrakah melaksanakan Program Kerja Monodisiplin dengan mengadakan pengajaran perkalian dengan metode yang mudah dan asyik menggunakan Batang Napier untuk siswa kelas 3 di SD Negeri 04 Jrakah.

Batang Napier, atau Napier's Bones, adalah alat bantu hitung yang diciptakan oleh John Napier pada abad ke-17. Alat ini digunakan untuk mempermudah perhitungan perkalian dengan cara yang sederhana dan visual, sehingga cocok untuk digunakan dalam pengajaran matematika di sekolah dasar.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Wahyu Aditya Bagus Mahardika, mahasiswa KKN TIM II UNDIP dari program studi Matematika pada hari Senin, 29 Juli 2024 di ruang kelas 3 SD Negeri 04 Jrakah. Dalam menyelesaikan perkalian, kebanyakan siswa hanya menggunakan hafalan perkalian bilangan 1 sampai 10. Untuk kasus perkalian yang jika bilangannya terdiri dari 2 digit atau lebih, hal ini tentu semakin menyulitkan para siswa untuk menjawabnya. Maka dari itu dikenalkanlah metode perkalian yang lebih asyik dan mudah menggunakan Batang Napier.

Mereka diajarkan cara menggunakan Batang Napier untuk menyelesaikan soal-soal perkalian dengan cara yang berbeda dari metode konvensional. Mahasiswa KKN menjelaskan secara rinci bagaimana setiap batang mewakili digit tertentu dan bagaimana proses perkalian dapat diselesaikan dengan menyusun batang-batang tersebut secara horizontal. Para siswa diberikan latihan soal dan mencoba sendiri menggunakan metode Batang Napier serta didampingi dalam menyelesaikan latihan soalnya.

Pada kegiatan ini siswa diberikan kesempatan untuk menjawab soal yang ada di papan tulis. Untuk yang berani menjawab dan maju ke depan diberikan hadiah berupa poster Batang Napier. Para siswa antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Terdapat satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan yang berani maju ke depan serta benar jawabannya lalu mendapatkan hadiah. 

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama para siswa kelas 3 SD Negeri 04 Jrakah serta 2 siswa yang mendapat hadiah berada di depan. Tidak hanya berfoto bersama para siswa kelas 3 SD Negeri 04 Jrakah, mahasiswa KKN juga berfoto bersama para guru di SD Negeri 04 Jrakah.

Foto Bersama Siswa Kelas 3 
dan Para Guru SD Negeri 04 Jrakah

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bahwa metode pembelajaran yang inovatif seperti penggunaan Batang Napier dapat menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi para siswa.



Penulis:
Wahyu Aditya Bagus Mahardika
Mahasiswa Program Studi Matematika
Fakultas Sains dan Matematika
Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon